Pemerintah Jepang Diminta Buat Aturan Tanggapi Banyaknya Kasus Anak Kecil Telan Bola Magnet
Dunia

Dalam banyak kasus, anak-anak yang berusia antara 1 dan 7 tahun, menelan bola magnet saat orang tua mereka tidak mengawasi. Bola-bola itu hanya berukuran 3 hingga 5 milimeter.

WowKeren - Badan Urusan Konsumen Jepang telah menyerukan adanya tindakan hukum untuk mencegah anak-anak kecil secara tidak sengaja menelan bola magnet. Pada Kamis (24/3), Komisi Investigasi Keamanan Konsumen meminta Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri untuk menetapkan aturan hukum terkait penggunaan bola magnet yang menyerupai bola pachinko.

Dalam banyak kasus, melansir Asahi, anak-anak yang berusia antara 1 sampai 7 tahun, menelan bola magnet saat orang tua mereka tidak sedang mengawasi. Orang tua mereka telah membeli bola magnet yang dimaksudkan digunakan oleh anggota keluarga yang lebih besar.

Dalam beberapa kasus, bola magnet terdapat masuk ke organ yang berbeda dari tubuh seorang anak. Namun karena bersifat magnetis maka bola-bola itu menyatu, merusak dan membuat lubang di perut atau usus kecil termasuk duodenum. Beberapa anak harus menjalani laparotomi untuk mengeluarkan bola magnet.


Bola-bola itu sangat kecil karena hanya berukuran antara 3 hingga 5 milimeter. Bola magnet semacam ini pada umumnya dijual secara online sebagai mainan untuk pelatihan intelektual. Bola magnet dapat disusun untuk menciptakan bentuk yang berbeda.

Karena ukurannya yang sangat kecil, bola magnet sangat berpotensi tertelan oleh anak-anak. Untuk itu, komisi meminta kementerian untuk menetapkan standar hukum untuk ukuran bola dan kekuatan magnetnya, serta rentang usia pengguna yang sesuai.

Komisi juga ingin kementerian menginstruksikan operator situs belanja online untuk memasang peringatan bahwa bola magnet bisa berbahaya bagi anak kecil. Ketua komisi Takehisa Nakagawa mengatakan penting untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya bola magnet dan untuk memastikan mereka tidak pernah ditinggalkan di dekat anak kecil.

Kembali ke kasus bola magnet yang tertelan, dari investigasi yang dilakukan oleh komisi ditemukan bahwa gaya magnet dari enam produk bola magnet bahkan jauh lebih kuat daripada tingkat standar keamanan yang ditetapkan oleh Asosiasi Mainan Jepang. Sayangnya, saat ini masih belum ada undang-undang yang mengatur bola magnet, bahkan ada yang dijual tanpa rekomendasi usia atau peringatan tentang bahayanya bagi anak kecil.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait