Negosiasi Akuisisi Saham SM oleh Kakao Berjalan Alot Karena Syarat Lee Soo Man
Selebriti

Kakao Entertainment, anak perusahaan konten Kakao, dijadwalkan untuk menyelesaikan negosiasi akuisisi minggu lalu. Namun itu tidak berjalan lancar karena Lee Soo Man.

WowKeren - Negosiasi untuk akuisisi Kakao atas SM Entertainment sedang dalam tahap akhir tetapi menemui hambatan. Ini karena Kakao tidak senang dengan persyaratan tambahan yang diajukan oleh Produser Eksekutif SM, Lee Soo Man.

Menurut industri perbankan investasi (IB) pada 27 Maret, Kakao Entertainment, anak perusahaan konten Kakao, dijadwalkan untuk menyelesaikan negosiasi akuisisi minggu lalu. Ukuran dan harga penjualan disepakati dalam kerangka kerja yang luas.

Ini adalah metode di mana Kakao Entertainment membeli semua 18,27% persen saham kepemilikan Lee Soo Man di SM, yang akan menginvestasikan kembali di Kakao Entertainment. Jumlah total transaksi sekitar 1 triliun won (sekitar Rp11,8 triliun).

Namun diketahui bahwa negosiasi sedang mengalami masa sulit karena Lee Soo Man menerapkan persyaratan yang ketat di saat-saat terakhir. Syaratnya bahwa bahkan jika Kakao Entertainment mengambil alih SM, dia akan berpartisipasi dalam manajemen di level yang sama seperti sekarang. Dilaporkan bahwa dia telah meminta kata-kata seperti itu untuk ditambahkan ke dalam kontrak.


Seorang pejabat industri IB mengatakan, "Kakao Entertainment sedang mencoba untuk mengakuisisi SM untuk sinergi bisnis dengan berbagai perusahaan hiburan yang sudah dimilikinya. Tidak mudah bagi Kakao Entertainment untuk menerima proposal produser Lee karena Kakao Entertainment perlu mengelola seluruh perusahaan secara harmonis."

Lee Soo Man dikatakan juga telah meminta gaji yang cukup besar. Dianalisis bahwa hal ini terkait dengan keuntungan yang diperoleh produsen ini melalui Like Planning. Seperti Perencanaan, perusahaan pribadi produser menerima biaya royalti sebesar 24 miliar won (sekitar Rp282,6 miliar) dari SM Entertainment tahun lalu.

Seorang pejabat industri IB mengatakan, "Jika Kakao Entertainment mengakuisisi SM, sulit untuk memberikan Like Planning tingkat pekerjaan yang sama seperti sekarang, jadi sepertinya mereka meminta kenaikan gaji untuk mengimbangi ini." Kakao menunda kontrak dan terus menegosiasikan syarat dan ketentuan tambahan yang diusulkan oleh Lee Soo Man.

Dianalisis bahwa proposal SM baru-baru ini untuk mengubah anggaran dasar pada rapat umum pemegang saham adalah strategi untuk meningkatkan kekuatan negosiasinya dengan Kakao.

SM mengadakan rapat dewan direksi pada 16 Maret untuk mengubah tanggal penutupan daftar pemegang saham menjadi dua minggu sebelum rapat umum pemegang saham dan menambahkan berbagai langkah untuk mempertahankan hak manajemen dalam agenda rapat umum pemegang saham, seperti menaikkan batas peningkatan modal melalui alokasi pihak ketiga hingga 50 persen.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait