Netflix Dikritik Terlalu Sering Gunakan 'Oppa' di Medsos, Apa Masalahnya?
TV

Netflix ramai dikritik karena dianggap terlalu sering menggunakan istilah 'oppa' untuk mempromosikan konten-konten asal Korea Selatan untuk penggemar internasional.

WowKeren - Baru-baru ini, Netflix menuai kritik lantaran dianggap terlalu sering menggunakan istilah "oppa" di media sosial. Dengan banyaknya penggemar konten Korea baik musik hingga drama, kesadaran tentang penggunaan istilah tersebut ikut meningkat.

Penggunaan julukan kehormatan cukup lazim di negara-negara Asia, termasuk di Indonesia. Korea punya panggilan kehormatan yang sudah akrab di kalangan fans internasional yakni "oppa". Istilah tersebut digunakan perempuan untuk memanggil laki-laki yang lebih tua.

Netflix ramai menerima kritik dari netizen karena penggunaan "oppa" yang tidak tepat. Hal itu bermula dari akun Twitter Netflix India menanyakan dalam Bahasa Inggris, "Siapa oppa-mu?"

Cuitan itu segera memicu kritik di kalangan penggemar drakor dan K-Pop. Faktanya, "oppa" punya banyak arti dan tidak ada definisi yang 100 persen akurat serta padanan kata dalam bahasa Inggris.

Pada umumnya, "oppa" diterjemahkan sebagai kakak laki-laki dan hanya digunakan oleh perempuan. Sedangkan sesama laki-laki punya panggilan sendiri yakni "hyung". Panggilan ini adalah cara untuk menghormati yang lebih tua dan bersikap sopan alih-alih hanya menggunakan "kamu".

Netflix Dikritik Terlalu Sering Gunakan \'Oppa\' di Medsos, Apa Masalahnya?

Source: Twitter


Dalam penggunaannya, "oppa" sering ditujukan kepada kakak laki-laki, sepupu, teman dekat yang lebih tua (meski hanya berjarak beberapa bulan) dan tidak sebatas pada kekasih. Namun penggunaan "oppa" yang terlalu sering ini dikhawatirkan akan berujung pada masalah seperti pergeseran makna.

Kini "oppa" sering kali dikaitkan dengan orang penting, selebriti, dan "jika dia tampan maka dia adalah 'oppa'. Bahkan Netflix juga menerjemahkan "oppa" sebagai "sayang", seperti yang ada di salah satu adegan "Squid Game".

Netflix Dikritik Terlalu Sering Gunakan \'Oppa\' di Medsos, Apa Masalahnya?

Source: Instagram

Dengan demikian, netizen menilai Netflix sudah memperlakukan istilah "oppa" ini dengan tidak tepat. Sebagai tanggapan terhadap protes, Netflix India sudah menghapus cuitan yang memicu kegaduhan.

Di sisi lain, The Swoon, cabang K-Drama Netflix juga terus-terusan menggunakan "oppa" untuk konteks yang melenceng dari makna aslinya. Bahkan mereka memakai istilah itu sebagai meme untuk menarik perhatian pengguna.

Kritik terhadap Netflix dilayangkan dengan harapan tidak ada lagi penggunaan "oppa" dalam bahasa Inggris yang aneh atau melenceng. Bagaimana menurutmu?

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru