Muncul Dukungan Jokowi 3 Periode, Asosiasi Pemerintah Desa RI Terbelah
presidenri.go.id
Nasional

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Surtawijaya mengaku pihaknya akan mendeklarasikan dukungan untuk jabatan Presiden Joko Widodo selama tiga periode.

WowKeren - Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Surtawijaya mengaku pihaknya akan mendeklarasikan dukungan untuk jabatan Presiden Joko Widodo selama tiga periode. Menurutnya, Jokowi telah banyak mengabulkan permintaan para kepala desa.

Namun pernyataan soal dukungan Jokowi tiga periode ini telah membuat Apdesi terbelah. Organisasi tersebut terbelah menjadi kubu Surtawijaya dan kubu Arifin Abdul Majid.

Kubu Surtawijaya mengatakan bahwa Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan merupakan Ketua Dewan Pembina mereka. Kelompok tersebut berencana untuk mendeklarasikan dukungan Jokowi tiga periode dalam Silaturahmi Nasional (Silatnas) Desa 2022 namun ditunda karena permintaan Luhut dan Pasukan Pengamanan Presiden.

"Habis Lebaran kami deklarasi. Teman-teman di bawah kan ini bukan cerita, ini fakta," ujar Surtawijaya, Selasa (29/3).


Kubu Arifin Abdul Majid kemudian membantah Apdesi mendukung Jokowi tiga periode. Sekretaris Jenderal Apdesi kubu Arifin, Muksalmina, mengaku bahwa Sutawijaya telah mencatut nama Apdesi. Menurutnya, kepengurusan Arifin sah menurut AHU-0001295-AH.01.08 Tahun 2021.

"Ya jelas dong (pencatutan), bawa nama kami. yang kami persoalkan itu, bukan persoalan mendukung (Jokowi tiga periode), itu hak teman-teman. Yang kami permasalahkan kenapa pakai Apdesi? Itu lembaga kami," jelas Muksalmina kepada CNN Indonesia, Rabu (30/3).

Menurutnya, Apdesi memang pernah mengalami dualisme kepengurusan pada tahun 2016 lalu. Meski demikian, Muksalmina menyatakan bahwa persoalan itu sudah selesai sejak Kemenkumham menyatakan kubu Arifin sebagai kepengurusan Apdesi yang sah.

Lebih lanjut, Muksalmina mengungkapkan bahwa Surtawijaya adalahSekretaris Jenderal Perkumpulan Aparatur Desa Seluruh Indonesia (Papdesi). Menurut Muksalmina, Apdesi tidak terima nama organisasi mereka dicatut kubu Surtawijaya untuk mendukung wacana Jokowi tiga periode.

"Dia Sekjen Perkumpulan Aparatur Desa Seluruh Indonesia, namanya Papdesi. Pimpinannya itu bendahara di Apdesi 2011-2016. Jadi, teman, sebagian besar ini teman," tukasnya. "Kita akan memutuskan apakah nanti kita akan ambil langkah hukum atau musyawarah saja seperti apa, dalam dua hari ini."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait