Anggaran Bangun Jalur Sepeda di DKI Jakarta Tahun 2022 Capai Rp 80 Miliar Lebih
Nasional

Pemprov DKI Jakarta rencananya akan melanjutkan pembangunan jalur sepeda di tahun 2022. Tak main-main, Pemprov menganggarkan Rp 80 miliar lebih untuk membangun jalur sepeda.

WowKeren - DKI Jakarta rupanya masih akan meneruskan proyek pembangunan fasilitas jalur sepeda. Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana melanjutkan pembangunan jalur sepeda sepanjang 2022 ini. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa jalur sepeda yang akan dibangun sangat panjang.

"Jalur sepeda akan dibangun panjang sekali di 2022 ini," ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat.

Tak main-main, untuk melancarkan rencana tersebut, Pemprov DKI sudah mengalokasi dana setidaknya Rp 80 miliar untuk pembuatan jalur sepeda hingga akhir tahun nanti. Bahkan Ahmad Riza Patria menyebut anggaran tersebut kemungkinan akan lebih dari Rp 80 miliar.

"Anggaran pastinya saya lupa. Tapi, saya kira di atas Rp80 miliar lebih mungkin," ungkap Wagub DKI, Ahmad Riza Patria.


Orang nomor dua di DKI itu mengungkap bahwa pembuatan jalur sepeda ini merupakan bagian dari upaya Gubernur Anies Baswedan menata transportasi di ibu kota. Karena itu, Wagub DKI pun berharap pembangunan jalur sepeda ini bisa mendorong masyarakat menggunakan kendaraan roda dua alternatif yang ramah lingkungan tersebut.

"Prinsipnya kami akan fokus pada penataan transportasi yang lebih baik, termasuk juga jalur sepeda. Jalur sepeda ini akan kami tingkatkan setiap tahun, akan kami tambah terus jumlahnya," papar Ahmad Riza Patria.

"Supaya memberi kesempatan pada pengguna sepeda untuk mempunyai jalur sendiri dan mendorong masyarakat menjadikan sepeda sebagai alat rekreasi, alat olahraga, dan juga alat transportasi," lanjut Wakil Gubernur DKI itu.

Seperti yang diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mulai gencar membangun jalur untuk para pesepeda sejak tahun 2019 lalu. Tapi sayangnya proyek tersebut sempat terhenti di tahun 2020 lalu akibat pandemi Covid-19 yang melanda ibu kota dan dunia.

Hingga akhirnya proyek pembangunan jalur untuk para pengguna sepada itu kembali dilanjutkan tahun 2022. Saat ini diketahui bahwa sudah terbangun 12 kilometer jalur sepeda terlindungi dan 64 kilometer jalur berbagi dengan sepeda di ibu kota Jakarta.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait