Belasan Ribu Pemudik Berangkat Dari Stasiun Gambir, Korlantas Polri Apresiasi Peserta Mudik Gratis
Unsplash/Maharanita Nugradianti
Nasional

Para pemudik yang menggunakan kereta api tampak sudah mulai berangkat. Di sisi lain, Polda Metro Jaya membuka layanan program mudik gratis pada momen Lebaran 2022 ini untuk masyarakat.

WowKeren - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H, masyarakat tampaknya sudah mulai berbondong-bondong melakukan mudik. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat volume penumpang yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mencapai hingga 11.400 orang pada Selasa (26/4) hari ini.

"Volume penumpang berangkat sebanyak 11.400 orang atau 74 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 15.500," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Eva Chairunisa dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4).

Lebih lanjut, Eva menuturkan untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir terdapat 32 kerta api (KA) yang beroperasi pada hari ini. 8 KA di antaranya merupakan kereta tambahan.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengapresiasi masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai peserta program mudik gratis Lebaran 2022. Pihaknya bahkan berterima kasih kepada masyarakat yang memanfaatkan waktu-waktu sekarang untuk mudik.


"Tidak harus menunggu puncak arus mudik pada tanggal 28-30 April dan 1 Mei," tutur Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Santyabudi dalam keterangannya, Selasa (26/4).

Firman menuturkan bahwa keikutsertaan masyarakat dalam program mudik gratis itu dapat membantu mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas menjelang Lebaran 2022. Sehingga, tekanan arus kendaraan yang berada di jalan, diharapkan bisa tetap berada di bawah angka 1 ratio, untuk volume dan kapastias jalan. "Artinya supaya tetap bisa rolling," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menuturkan bahwa sampai saat ini, terdapar 1.491 masyarakat yang diberangkatkan pada layanan mudik gratis Lebaran 2022 pada Senin (25/4) kemarin dan Selasa (26/4) hari ini.

"Kemarin kami berangkat 13 bus dengan jumlah penumpang 540 orang, hari ini kami berangkatkan 26 bus dengan jumlah penumpang 1.041 orang," papar Sambodo.

Selanjutnya, Sambodo mengatakan pemberangkatan mudik gratis akan kembali dilaksanakan pada Jumat (29/4), dengan jumlah peserta lebih dari 10 ribu orang. "Untuk busa nanti kami hitung, perkiraannya sekitar 250 bus, karena kan sampai dengan hari Kamis (28/4), pendaftaran masih kami buka," beber Sambodo.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait