Danramil Jayapura Utara Minta Sumbangan ke Pedagang Jelang Lebaran, TNI AD Minta Maaf
Pxfuel
Nasional

TNI AD disebut sangat menyayangkan tindakan Danramil 1701-02/Jayapura Utara tersebut. Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna memastikan akan menindak tegas perbuatan tersebut.

WowKeren - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya surat Danramil 1701-02/Jayapura Utara yang berisi permintaan sumbangan jelang Lebaran ke para pedagang di Jayapura, Papua. Markas Besar TNI Angkatan Darat (AD) lantas meminta maaf atas permohonan sumbangan tersebut.

"Atas nama pimpinan TNI AD, kami menyampaikan permohonan maaf dengan adanya surat edaran permintaan dana THR yang dilakukan oleh oknum prajurit tersebut," tutur Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Tatang Subarna dalam keterangan tertulis, Selasa (26/4) malam.

Masyarakat lantas diimbau untuk segera melapor jika menemui hal-hal atau kejadian yang merugikan dilakukan oleh prajurit. Masyarakat juga bisa mengonfirmasi kepada satuan TNI AD terdekat.

TNI AD disebut sangat menyayangkan tindakan Danramil 1701-02/Jayapura Utara tersebut. Tatang memastikan akan menindak tegas perbuatan tersebut.

"Akan ada tindakan tegas kepada oknum prajurit atau satuan yang terbukti melanggar perintah pimpinan TNI AD tersebut," jelas Tatang.


Lebih lanjut, Tatang mengatakan bahwa surat permintaan sumbangan itu dibuat tanpa sepengatahuian atau tanpa perintah dari Dandim 1701/Jayapura Utara selaku atasan langsung Danramil 1701-02/Jayapura Utara. Dandim 1701/Jayapura pun disebut telah memerintahkan agar surat itu ditarik kembali.

"Dan mengembalikan semua bantuan yang telah diterima oleh Koramil 1701-02/ Jayapura Utara," paparnya.

Sementara itu, Tatang mengungkapkan bahwa KSAD Jenderal Dudung Abdurachman telah melarang keras para prajurit dan satuan untuk meminta bantuan Lebaran. Dudung bahkan memerintahkan para komandan satuan dan jajarannya untuk tidak meminta THR kepada siapa pun dan atas alasan apa pun.

Sebagai informasi, surat yang menghebohkan itu berisi permintaan bantuan kepada warung makan dalam rangka menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Dalam surat itu disebutkan bahwa bantuan yang diberikan akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Koramil Koramil 1701-02/Jayapura Utara.

Adapun bantuan yang diminta berupa minuman kaleng atau minuman air mineral. Tercantum pula nomor ponsel yang dapat dihubungi jika pihak warung makan bersedia memberikan bantuan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru