Beli Kabinet Dapur Rp 3,6 Juta di e-Bay, Pria Jerman Ini Temukan Uang Rp 2,3 Miliar di Dalamnya
Unsplash/Jon'Nathon Stebbe
Nasional

Pria bernama Thomas Heller tersebut menemukan uang tunai itu tersembunyi dalam dua kotak di salah satu lemari. Pria berusia 50 tahun tersebut langsung menyerahkan uang temuannya itu ke kantor polisi.

WowKeren - Seorang pria Jerman mendapat kejutan tak terduga usai menemukan uang tunai senilai 130 ribu poundsterling atau setara Rp 2,3 miliar di kabinet dapur bekas yang dibelinya di situs e-Bay. Menurut The Mirror, pria bernama Thomas Heller tersebut membeli kabinet dapur itu dari rumah pasangan lansia dengan harga 203 poundsterling atau setara Rp 3,6 juta saja.

Heller menemukan uang tunai itu tersembunyi dalam dua kotak di salah satu lemari. Pria berusia 50 tahun tersebut langsung menyerahkan uang temuannya itu ke kantor polisi.

Menurut Heller, salah satu amplop berisi uang tunai 100 euro atau setara Rp 1,5 juta. Sedangkan amplop lainnya berisi uang kertas yang lebih besar.

Berdasarkan investigasi polisi, uang tersebut merupakan milik seorang wanita berusia 91 tahun dari kota Halle. Menurut juru bicara polisi Astrid Kuchta, kabinet dapur itu berasal dari likuidasi rumah tangga pasangan lansia dari Halle.


"Dua kotak uang itu disembunyikan dengan baik di area furnitur yang sulit dilihat," ujarnya.

Adapun kabinet dapur tersebut dijual oleh cucu pasangan lansia tersebut. Kepada media lokal, sang cucu mengaku tidak mengetahui soal uang yang disembunyikan di dalamnya.

Di bawah hukum Jerman, menyimpang lebih dari 10 euro atau setara Rp 152,8 ribu dari uang yang hilang merupakan tindak penggelapan dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara. Meski demikian, kejujuran Heller dihargai dan ia kini memenuhi syarat untuk mendapat biaya bagi penemu sebesar 3 persen, atau senilai 3.784 euro (setara Rp 57,8 juta).

Pengalaman serupa juga pernah dialami oleh seorang pria di Korea Selatan pada bulan Agustus 2021 lalu. Kala itu, seorang pria yang membeli kulkas bekas secara online menemukan tumpukan uang senilai KRW 110 juta atau setara Rp 1,2 miliar yang direkatkan di bagian bawah lemari es.

Sama seperti Heller, pria Korsel itu juga melaporkan temuan uangnya kepada polisi. Menurut regulasi dari Badan Kehilangan dan Penemuan (Lost and Found) Korsel, uang tersebut akan diberikan sepenuhnya kepada penemunya apabila tidak ada titik terang soal pemiliknya sampai 6 bulan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait