Pelaksanaan Manasik Haji Kloter I Dipersingkat Jadi 6 Kali, Begini Penjelasan Kemenag
Nasional

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) menyampaikan akan memberangkatan kloter pertama jemaah Haji Indonesia pada 4 Juni 2022 mendatang. Pemerintah pun menyiapkan keberangkatan jemaah Haji.

WowKeren - Sebagaimana diketahui, Indonesia mendapatkan kuota Haji dari Arab Saudi sebanyak 100.051 orang di tahun 2022 ini. Pemerintah pun lantas menyampaikan kloter I (pertama) akan diberangkatkan pada 4 Juni 2022 mendatang.

Sementara itu, pelaksanaan manasik Haji disebut akan dipersingkat menjadi enam kali, dengan rincian empat kali di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan dan dua kali di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten/Kota. Adapun hal ini dilakukan lantaran waktu keberangkatan kloter I yang semakin dekat.

"Pembekalan untuk jemaah, kita sudah sepakat manasik akan lebih singkat tidak seperti biasanya 10 kali dengan rincian delapan kali di KUA dan dua Kali di Kantor Kemenag, kemarin kita sudah sepakati enam kali dengan rincian empat kali di KUA dan dua kali di Kantor Kemenag," ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief di Jakarta, Jumat (29/4).


Kendati demikian, Hilman mengatakan bahwa materi akan dibuat lebih condense atau lebih padat agar substansinya tetap tersampaikan kepada jemaah Haji. Ia pun memastikan bahwa informasi di beberapa daerah jemaah sudah memantau daftar nama yang berhak berangkat maupun masih masuk daftar tunggu tidak valid.

Di sisi lain, Hilman berharap agar kejadian tersebut tetap dimitigasi sehingga berita bohong atau hoaks terkait tentang ibadah Haji tidak ada lagi. Maka dari itu, ia pun berharap pihak terkait bisa menyampaikan informasi dengan baik dan bijak.

"Jangan sampai menjadi bahan di daerah nanti yang muncul berita yang kurang baik itu, jadi nanti penyampaian ke masyarakat juga lebih pas," tutur Hilman.

Sebagai informasi, Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1443 H/2022 M menuturkan bahwa jemaah akan masuk asrama haji pada 3 Juni 2022. Sementara untuk perjalanan dari Indonesia sendiri dibagi menjadi dua kloter yakni keberangkatan kloter pertama pada 4-18 Juni 2022, lalu kloter kedua pada 19 Juni hingga 3 Juli 2022 melalui Jeddah Arab Saudi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait