Pemerintah Jepang Beri Bintang Jasa Untuk JK Hingga Sri Sultan Hamengku Buwono X Atas Kontribusi Ini
AFP/Emmanuel Dunand
Nasional

Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima Grand Cordon of the Order of the Rising Sun. Sementara Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima The Order of the Rising Sun, Gold, and Silver Star.

WowKeren - Pemerintah Jepang menganugerahkan bintang jasa untuk tiga tokoh Indonesia pada 29 April 2022. Penganugerahan bintang jasa ini diberikan atas jasa-jasa mereka dalam memperkokoh hubungan antara Jepang dan Indonesia.

Adapun ketiga tokoh Indonesia yang menerima penganugerahan bintang jasa dari pemerintah Jepang antara lain Jusuf Kalla, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Yusron Ihza Mahendra. Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menerima Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

Selama masa jabatannya, Jusuf Kalla dinilai secara konsisten membantu melakukan koordinasi atas berbagai hal yang sulit, baik di dalam maupun di luar kabinet, melalui kerja sama dengan kalangan politik dan ekonomi Jepang. Hal itu disebut memberikan kontribusi besar bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia.

"Selain itu, beliau terus memberikan perhatiannya pada upaya rekonstruksi Jepang akibat Gempa Bumi Bagian Timur (Tohoku) 2011, di antaranya menghadiri Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa terkait Penanganan Bencana sebagai perwakilan Indonesia yang diselenggarakan di Jepang," demikian keterangan di situs resmi Kedutaan Besar Jepang, dikutip Kamis (5/5).


Sementara itu, Gubernur D.I Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima The Order of the Rising Sun, Gold, and Silver Star. Beliau disebut pernah menyambut kunjungan Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko dengan penuh perhatian pada tahun 1991. Sultan juga pernah menyambut kunjungan Putra Mahkota Pangeran Akishino (Akishino-no-miya) dan Putri Mahkota Kiko pada tahun 2008 dalam rangka 50 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia.

"Selain itu, beliau memberikan kontribusi bagi pengembangan hubungan persahabatan kedua negara melalui pertukaran daerah antara Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Prefektur Kyoto, Prefektur Yamanashi, dll," lanjut keterangan tersebut.

Sedangkan Yusron Ihza Mahendra yang merupakan mantan Duta Besar RI untuk Jepang dianugerahi The Order of the Rising Sun, Gold, and Silver Star. Ia dinilai sebagai Dubes RI untuk Jepang pertama yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang tinggi.

Yusron dinilai telah berkontribusi bagi peningkatan hubungan Jepang dan Indonesia serta interaksi anggota parlemen kedua negara. Ia memiliki kekayaan pengetahuan dan relasi yang diperoleh melalui pengalaman di Jepang selama 13 tahun, termasuk pengalaman belajar di Universitas Tsukuba.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru