SEA Games 2021 Mulai Berlangsung, Cabor Rowing Berhasil Jadi Penyumbang Emas Pertama Untuk Indonesia
Instagram/rowing_ina
Nasional

Kakan Rusmana dan Ardi Isedi sukses menyumbang medali emas pada nomor lighweight man’s double sculls (LM2X). Pertandingan digelar di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam.

WowKeren - Ajang olahraga SEA Games 2021 yang digelar di Hanoi, Vietnam, telah resmi dimulai. Indonesia baru saja mendapatkan medali emas pertamanya dari cabang olahraga (cabor) rowing alias dayung pada Rabu (11/5) pagi ini.

Kakan Rusmana dan Ardi Isedi sukses menyumbang medali emas pada nomor lighweight man’s double sculls (LM2X). Pertandingan digelar di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam.

Medali emas berhasil disabet oleh Kakan dan Ardi, sedangkan medali perak diraih oleh wakil Filipina, Cris Nievarez dan Christian del Rosario. Adapun medali perunggu diraih oleh tuan rumah Vietnam yang diwakili Nhu Dinh Nam dan Bui Van Hoan.

Masih di cabor rowing, Indonesia juga meraih medali emas di nomor men’s double sculls (M2X). Memo dan Asuhan Pattiha menyabet medali emas usai finis terdepan di final nomor M2X.

Selain itu, Indonesia meraih medali perak pada nomor women’s quadruple sculls (W4X). Tim yang terdiri dari Putri Agni Anugerah, Annisa Meilani Yahya, Maslin Efrilia dan Dewi Purwanti itu finis di posisi kedua dengan catatn waktu 7 menit 23,6 detik.


Adapun pencapaian tim rowing Indonesia ini diakui oleh Wakil Ketua Umum PB PODSI, Budiman Setiawan. Menurutnya, hal ini sudah sesuai dengan target yang telah ditentukan sebelumnya.

"Sesuai target. Dua nomor ini memang dipersiapkan untuk dapat emas. Yang W4X, atletnya baru pertama kali ikut SEA Games," ungkap Budiman dilansir Skor.id.

Sebagai informasi, Indonesia mengirimkan 34 atlet di cabor rowing dengan rincian 18 atlet putra dan 16 atlet putri. Secara keseluruhan, Indonesia mengirimkan 499 atlet yang bertanding di 32 cabor.

Jumlah tersebut jauh berkurang dibandingkan kontingen Indonesia yang dikirim ke SEA Games Filipina 2019 dengan 841 atlet. Presiden Joko Widodo berharap tim Indonesia di SEA Games 2021 tetap menorehkan prestasi dengan raihan medali sebanyak-banyaknya meski dilakukan perampingan jumlah kontingen.

"Saya ingin kontingen yang sekarang, yang tadi disampaikan oleh Menpora lebih ramping. Tetapi kita semuanya, masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia," ujar Jokowi dalam upacara pelepasan tim Indonesia pada Senin (9/5) lalu.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait