Warganet Nilai Desain Bangunan IKN 'Nyontek' Gedung di Canberra, Kementerian PUPR Bilang Begini
ikn.go.id
Nasional
Ibu Kota Baru Indonesia

Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru-baru ini membagikan sejumlah informasi mengenai IKN Nusantara dan menyertakan beberapa desain bangunan di akun Twitter resminya.

WowKeren - Proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan segera dimulai. IKN Nusantara disebut-sebut akan mengadopsi prinsip kota pintar alias smart city dengan pendekatan ramah lingkungan.

Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) baru-baru ini membagikan sejumlah informasi mengenai IKN Nusantara dan menyertakan beberapa desain bangunan di akun Twitter resminya. Namun ada salah satu desain bangunan yang disorot warganet dan disindir "menyontek" gedung parlemen Canberra, Australia.

Salah satu warganet mengomentari unggahan Kementerian PUPR tersebut dan menyoroti salah satu desain bangunan. Warganet itu menilai desan tersebut "menyontek" dan melampirkan foto Parliament House di Capital Hill, Canberra.

"Ya ampun … kalau mau nyontek bentuk ya jangan vulgar2 amat lah," cuit warganet tersebut.

IKN Nusantara

Twitter/@KemenPU


Adapun foto desain bangunan yang disorot adalah gedung dengan monumen berkaki segitiga di atasnya dan bendera merah putih berkibar di puncak monumen itu. Sedangkan foto gedung parlemen Canberra yang diunggah menunjukkan gedung dengan monumen dengan kaki berbentuk segitiga dan bendera Australia berkibar di puncaknya.

Kekinian, Kementerian PUPR buka suara terkait hal ini. Ketua Satuan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, mengatakan bahwa sejauh yang dia tahu, masih belum ada desain gedung IKN Nusantara yang sudah siap.

Menurutnya, semua desain gedung IKN Nusantara masih dalam tahap sayembara. Oleh sebab itu, belum tentu desain tersebut akan digunakan.

"Setahu saya, desain-desain gedung masih tahap sayembara," ujar Danis kepada detikcom, Selasa (10/5).

Lebih lanjut, Danis juga menilai bahwa gambar yang diunggah ke akun Twitter resmi Kementerian PUPR itu bukan desain gedung yang akan digunakan. Menurutnya, gambar-gambar tersebut hanya ilustrasi pelengkap untuk informasi soal IKN Nusantara.

"Itu rasanya hanya ilustrasi terhadap pesan yang ada saja. Ya rasanya bukan (desain gedung yang akan digunakan)," katanya.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts