Absen Selama 2 Tahun, Perayaan Waisak 2566 Nasional Kembali Digelar di Borobudur
Unsplash/Visual Karsa
Nasional

Perayaan Waisak Nasional akhirnya kembali digelar di Candi Borobudur setelah 2 tahun lamanya absen. Meski begitu, perayaan Waisak kali ini masih tetap menerapkan prokes terkait pandemi COVID-19.

WowKeren - Tiga hari lagi umat Buddha bakal memperingati perayaan Waisak 2566. Setelah absen selama 2 tahun. Candi Borobudur akhirnya kembali menjadi tuan rumah untuk menggelar perayaan Waisak 2566 Nasional. Seperti diketahui, sudah 2 tahun lamanya puncak perayaan Waisak Indonesia absen di Borobudur karena pandemi COVID-19.

Lokasi perayaan itu telah dipastikan oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) akan merayakan Waisak 2566 Buddhist Era (BE). Perayaan akan dilangsungkan pada Senin (16/5) minggu depan.

Meski begitu, dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih ada di Indonesia, maka peserta perayaan Waisak dibatasi. Khususnya di zona I Borobudur hanya 1.200 orang.

Sementara itu, untuk peserta arak-arakan dari Candi Mendut ke Candi Borobudur sebenarnya juga dibatasi. Tetapi karena di jalan umum dan tempat terbuka maka susah dilakukan. Rangkaian perayaan Waisak sudah dimulai pada Sabtu (7/5) lalu dengan melakukan karya bakti di taman makam pahlawan di ibu kota provinsi di seluruh Indonesia.


"Tahun ini Walubi bersama Permabudhi merayakan Waisak di Borobudur, setelah dua tahun tidak diadakan karena pandemi. Kemarin kami juga sudah melakukan selamatan di tiga candi, yakni Mendut, Pawon, dan Borobudur," ungkap Koordinator Waisak 2566 BE di Borobudur, Tanto Soegito Harsono di Magelang, Kamis (12/5).

Pada Sabtu (14/5) besok, akan dilakukan bakti sosial berupa pembagian paket bantuan sembako di Candi Borobudur. Kemudian dilanjutkan pengambilan api dharma di Mrapen, Kabupaten Grobogan dan api disemayamkan di Candi Mendut.

Kemudian pada Minggu (15/5) akan dilakukan pengambilan air berkah di Umbul Jumprit Kabupaten Temanggung dan air disakralkan di Candi Mendut. Lalu detik-detik Waisak pada Senin (16/5) pukul 11.13.46 WIB. Sementara untuk Tema Waisak tahun ini adalah "Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati".

"Dengan tema itu, pesan Waisak yang ingin disampaikan yaitu di masa pandemi yang sudah melandai ini harus berwelas asih, harapannya dengan welas asih itu bisa mencapai kebahagiaan yang betul-betul sejati," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru