Polda Banten Persiapkan Keamanan Ketat Jelang Perayaan Waisak di Tujuh Titik Vihara
Nasional

Perayaan Hari Raya Waisak 2566 kini tengah menjadi perhatian Polda Banten telah mempersiapkan keamanan ketat termasuk para personel yang akan bertugas. Dilaporkan akan ada 58 personel.

WowKeren - Menjelang persiapan hari raya Waisak 2566, Polda Banten dilaporkan akan menerjunkan sejumlah personel dan melakukan pengamanan di beberapa tempat dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas pada peringatan hari besar tersebut. Berdasarkan keterangan, Polda Banten akan memusatkan sasaran pengamanan di beberapa titik.

"Ada pun sasaran pengamanan, yaitu warga keturunan Tionghoa yang merayakan Waisak, pengurus Vihara atau Kelenteng, masyarakat yang memanfaatkan libur hari raya Waisak, tempat wisata, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah umat Budha," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga memberikan keterangan, Minggu (15/5).

Shinto Silitonga menyampaikan sebanyak 58 personel yang akan dikerahkan untuk mengamankan Hari Raya Waisak tersebut dengan rincian ada 10 personel Unit Jibom Satbrimob Polda Banten dan 48 personel Polresta Serang Kota. Selain para personelnya, Polda Banten juga mempersiapkan kendaraan rantis Wolf, Bharacuda, EOD dengan kendaraan bermotor baik roda 6, roda 4 maupun roda 2 serta kendaraan Unit Jibom dalam pelaksanaan pengamanan.



Setidaknya ada tujuh vihara di wilayah hukum Polda Banten yang menggelar perayaan Waisak menurut Shinto Silitonga. Vihara tersebut di antaranya Vihara Meta, Vihara Sukhavati Majabumi Tanah Suci, Vihara Ananda Avalokitesvara, Vihara Cetya Arya Dipa Sena, Vihara Caga Sasana, Vihara Dhamma Bhakti, dan Vihara Tri Dharma Cariya.

Terkait masalah lalu lintas di lokasi, pihak kepolisian juga akan turut melakukan pengaturan guna mencegah kemacetan akibat mobilitas masyarakat yang melaksanakan Hari Raya Waisak. Juga, Shinto Silitonga menyebut gangguan kamtibmas yang menjadi fokus dalam pengamanan perayaan Waisak antara lain aksi teror atau sabotase, kejahatan konvensional di lokasi kegiatan maupun tempat parkir, kemacetan lalu lintas, pencurian, dan kepadatan di tempat wisata.

"Harapannya dengan pola pengamanan yang dilaksanakan oleh Kepolisian dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022," pungkas Shinto Silitonga.

Sementara itu, Hari Raya Waisak 2566 tahun 2022 akan jatuh pada besok, 16 Mei. Sebagian warga Indonesia yang turut merayakan kini sedang mempersiapkan diri untuk menyambut hari raya tersebut.

(wk/taki)


You can share this post!