Acara TV Tiongkok Diduga Plagiat Adegan Taeyang BIGBANG di MV 'Still Life' Malah Jadi Perdebatan
Musik
BIGBANG Comeback

Sebuah reality show Tiongkok dikritik karena menggunakan desain panggung mirip dengan set MV BIGBANG 'Still Life' pada adegan Taeyang. Namun rupanya tuduhan itu menimbulkan perdebatan.

WowKeren - Baru-baru ini, muncul isu plagiat reality show terkenal Tiongkok yang berjudul "Trump Card" atau "Ace vs. Ace" terhadap MV BIG BANG "Still Life". Secara khusus, adegan Taeyang diduga telah ditiru acara TV tersebut.

Episode 12 "Trump Card" menampilkan panggung yang didesain dengan mewah. Di atas panggung, ada kapal besar dengan bunga kuning bermekaran memenuhi bagian atas dek yang tampak identik dengan adegan Taeyang di sepanjang MV "Still Life".

Sedangkan di MV "Still Life", BIGBANG sedang duduk berada di atas dek kapal yang dipenuhi dengan bunga kuning bermekaran. Yang membedakan desain tersebut hanyalah keadaan layar yang terbuka di "Trump Card" dan digulung di MV. Selain itu, di acara tersebut suasana sekitar dibuat gelap seperti di malam hari.

Namun rupanya tuduhan plagiat ini menimbulkan perdebatan di antara netizen. Jika sebagian fans menganggap bahwa adegan kapal dengan bunga kuning di "Trump Card" meniru MV BIGBANG, ada pula yang menganggap bahwa hal itu sudah umum.



Acara TV Tiongkok Diduga Plagiat Adegan Taeyang BIGBANG di MV \'Still Life\' Malah Jadi Perdebatan

Source: KBizoom

Beberapa komentar bahkan mempertanyakan hal sebaliknya dengan mencurigai tim produksi MV BIGBANG telah mengadaptasi budaya Tiongkok. Kapal dengan bunga sendiri sudah punya sejarah lebih dari 300 tahun di Tiongkok.

"Itu membuatku langsung memikirkan 'Still Life'," komentar seorang netizen. "Kapal yang penuh dengan bunga mekar bukanlah sesuatu yang baru," ujar netizen lan.

"Acara Tiongkok memang banyak menjiplak, tapi ini bukan," kata salah satu netizen. "Kapal bunga aslinya dari Tiongkok," sambung netizen yang lain. "Aku fans BIGBANG tapi aku tidak berpikir ini plagiarisme," imbuh lainnya.

Sementara itu, BIGBANG telah melakukan comeback dengan merilis "Still Life" pada 5 April 2022 lalu. Lagu tersebut adalah yang pertama kalinya sejak mereka meluncurkan "Flower Road" empat tahun silam.

(wk/inta)


You can share this post!


Related Posts