Pengalaman Peserta UTBK 2022: Soal Ujian Tak Sesuai Ekspektasi Hingga Monitor Komputer Bikin Pusing
Nasional

Sebagai informasi, Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 digelar mulai Selasa (17/5) hingga 23 Mei 2022 mendatang.

WowKeren - Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 telah dimulai. Sejumlah peserta yang mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 di Universitas Indonesia, Depok, pun membagikan pengalamannya.

Salah satu peserta bernama Albi Wahyudi mengaku telah menemukan soal ujian yang tidak sesuai ekspektasi. Menurutnya, banyak soal ujian yang benar-benar baru tahun ini.

"Ujiannya sih agak beda sama soal-soal tahun lalu, kayak (soal) sebab dan akibat tuh ada, cuma mungkin 1-2 doang, soalnya kayak benar-benar baru gitu, terutama sosiologi. Kebanyakan soalnya cerita, (materi) sebab akibat tuh jarang," paparnya dilansir Kompas.com, Rabu (18/5).

Albi yang berusia 18 tahun diketahui memilih jurusan pendidikan di Universitas Negeri Jakarta dalam UTBK-SBMPTN tahun ini. Meski begitu, ia tidak terlalu optimis akan diterima di universitas pilihannya.

"(Optimistis lulus) 50 persen, selebihnya enggak pede (percaya diri), kaget tadi pas materi (soal) agak beda sama yang dipelajari," ujarnya.



Pengalaman berbeda disampaikan oleh peserta lain bernama Firda. Ia mengaku kesulitan mengerjakan ujian karena masalah teknis, yaitu monitor komputer yang digunakannya dirasa terlalu terang hingga membuatnya pusing.

"Monitornya tadi pas ujian terlalu terang, jadi pusing gitu," terangnya. "Selain itu enggak ada masalah lain."

Terkait soal ujian yang dikerjakan, Firda menilainya cenderung mudah. Ia juga menerangkan bahwa peserta UTBK wajib membawa kertas ujian, surat keterangan lulus sekolah, dan juga kartu tanda penduduk alias KTP.

"Buat soal tes potensi skolastik menurut saya itu lumayan enggak terlalu susah, cuma pas bagian soal bahasa Inggris saja susah karena terburu-buru," tukasnya. "Bawa tiga persyaratan, kertas ujian, terus KTP sama SKL untuk masuk. Kalau untuk dibawa ke sananya (ruangan tes) bawa kertas doang buat ujian."

Sebagai informasi, UTBK-SBMPTN 2022 digelar mulai Selasa (17/5) hingga 23 Mei 2022 mendatang. Para peserta diwajibkan memakai masker saat berada di lokasi ujian dan menjaga jarak fisik. Peserta dapat mengenakan baju bebas seperti kemeja atau kaos berkerah yang sopan dan bersepatu.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts