Hari Pertama UTBK-SBMPTN 2022, Simak Dokumen Apa Saja yang Wajib Dibawa Peserta
Nasional

Dokumen yang perlu dibawa dan hal-hal yang harus diperhatikan oleh peserta UTBK 2022 tercantum dalam surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

WowKeren - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 digelar mulai Selasa (17/5) hari ini hingga 23 Mei 2022 mendatang. Ada sejumlah aturan yang harus ditaati para peserta ketika mengikuti UTBK SBMPTN 2022.

Dokumen yang perlu dibawa dan hal-hal yang harus diperhatikan oleh peserta UTBK 2022 tercantum dalam surat edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Berdasarkan surat edaran tersebut, para peserta diharuskan membawa kartu tanda peserta UTBK 2022 pada saat ujian.

Lalu peserta angkatan 2022 harus membawa surat keterangan kelas 12 asli yang ditandatangani oleh kepala sekolah. Surat keterangan tersebut harus berisi nama siswa, NISN siswa, NPSN sekolah, pas foto berwarna terbaru, dan dibubuhi cap sekolah. Angkatan 2022 juga bisa membawa Surat Keterangan Lulus (SKL) dengan atau tanpa pas foto, atau juga bisa membawa ijazah/legalisir ijazah.

Sementara untuk peserta lulusan 2020 dan 2021 diwajibkan membawa ijazah/legalisir ijazah. Para peserta juga diwajibkan membawa identitas diri seperti KTP, SIM, atau kartu pelajar.

Selain itu, para peserta diwajibkan memakai masker saat berada di lokasi ujian dan menjaga jarak fisik. Peserta dapat mengenakan baju bebas seperti kemeja atau kaos berkerah yang sopan dan bersepatu.



LTMPT juga menjelaskan apa saja yang harus dilakukan para peserta setibanya di Pusat UTBK. Yang pertama, para peserta diminta untuk menuju ruang lokasi ujian. Jika diantar, peserta diminta turun di area drop zone terdekat.

Kemudian peserta harus mengikuti prosedur protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Di ruang ujian, peserta harus menyiapkan dokumen yang dibawa di atas meja untuk diverifikasi oleh pengawas. "Benda lain yang tidak diperlukan harus masuk ke dalam tas dan diletakkan di tempat yang disiapkan," demikian keterangan LTMPT.

Kemudian, peserta tinggal mengikuti instruksi pengawas soal kapan harus log in dan latihan soal. Peserta harus mengikuti tata tertib ujian.

Setelah waktu ujian selesai, peserta diminta tetap duduk hingga dipersilakan keluar ruangan oleh pengawas. Para peserta diminta untuk tetap mengikuti protokol kesehatan hingga keluar ruangan dengan memakai masker dan menjaga jarak.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts