Medali Emas Bersejarah Odekta Naibaho di Nomor Maraton Putri SEA Games 2021 Diiringi Tangis Haru
Instagram/seagames31_vietnam2021
Nasional

Hingga Kamis (19/5) pukul 15.13 WIB hari ini, Indonesia telah berhasil mengumpulkan 39 medali emas, 54 medali perak, dan 53 medali perunggu di ajang SEA Games 2021.

WowKeren - Odekta Naibaho Elvina berhasil meraih medali emas bersejarah dari cabang maraton putri SEA Games 2021. Odekta memenangkan perlombaan maraton yang digelar di sekitar Hanoi National Sports Complex, Stadion Nasional My Dinh, Vietnam, pada Kamis (19/5) pagi ini. Kemenangannya mengakhiri penantian 11 tahun Indonesia untuk merebut medali emas maraton putri di ajang SEA Games.

Pertandingan tersebut digelar di tengah cuaca yang sejuk dengan suhu sekitar 21-23 derajat celcius. Meski cuaca tersebut membuat keadaan menjadi lembab, perjuangan Odekta tetap berhasil membawanya ke garis finis dalam 175 menit 27 detik atau setara 2 jam 55 menit dan 27 detik dan meraih medali emas.

Odekta tampak tersungkur dan merebahkan diri di lintasan sesaat setelah menyentuh garis finis. Ia disebut sempat mengalami keram di kedua kaki dan mual-mual, namun kondisinya segera membaik.

Rekan-rekan Tanah Air dari cabang olahraga atlet tampak memberikan pelukan kepada Odekta. Ia mulai menangis ketika mendapat pelukan dari Emilia Nova.


Ia pun makin tak kuasa menahan tangis saat menunjukkan kertas dengan tulisan pesan yang menyentuh. "Akhirnya... Impianku selama ini terwujud, mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia. Terima kasih ayah ibu atas doa restumu," tulisnya.

Medali emas berhasil diraih Odekta usai mengalahkan dua pesaing terberatnya, yakni wakil Filipina Christine Hallasgo dan wakil Singapura Jasmine Goh. Kemenangan ini juga menjadi balas dendam Odekta atas kegagalan yang dialaminya di SEA Games 2019 lalu.

Dalam SEA Games 2019 yang digelar di Filipina, Odekta diketahui telah memimpin perlombaan sejak awal. Namun ia terjatuh sekitar 600 meter menjelang garis finis dan tak bisa melanjutkan perjuangannya.

Di sisi lain, tim atletik Indonesia juga sudah meraih medali emas di nomor tolak peluru yang dimenangkan Eki Febri Ekawati pada Selasa (17/5). Agus Prayogo dan Hendro juga telah menyumbang medali perak di nomor maraton putra.

Hingga Kamis pukul 15.13 WIB hari ini, Indonesia telah berhasil mengumpulkan 39 medali emas, 54 medali perak, dan 53 medali perunggu. Dengan demikian, Indonesia posisi ketiga klasemen medali, hanya di bawah Vietnam dan Thailand.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru