Gelar Aksi di Depan Kedubes Singapura, Pendukung Ustaz Abdul Somad Tuntut Permintaan Maaf
Instagram/ustadzabdulsomad_official
Nasional

Pihak kepolisian menyiapkan pengamanan terkait aksi massa PERISAI pada hari ini. Namun menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, tidak ada pengamanan khusus untuk aksi siang ini.

WowKeren - Massa pendukung Ustaz Abdul Somad menggelar demo di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Singapura yang terletak di Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Jumat (20/5) siang ini. Mereka mendesak pemerintah Singapura untuk meminta maaf karena Ustaz Abdul Somad ditolak masuk ke Negeri Singa.

Para massa aksi hari ini mengatasnamakan diri sebagai kelompok Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (PERISAI) DKI Jakarta. PERISAI mengecam sikap pemerintah Singapura yang menolak masuk dan memberikan label "penceramah ekstremisme" kepada Ustaz Abdul Somad.

"Apabila dalam tempo 2 x 24 jam pemerintah Singapura belum meminta maaf, maka Pemerintah RI harus meninjau ulang hubungan Diplomatik RI- Singapura," demikian kutipan keterangan tertulis PERISAI.

Adapun Duta Besar RI untuk Singapura, Suryopratomo, juga dituntut untuk meminta maaf kepada Ustaz Abdul Somad dan umat Islam. Pasalnya, Suryopratomo dinilai sudah tidak acuh terhadap kasus tersebut.



Massa yang hadir dalam aksi siang ini tampak beragam, sebagian mengenakan pakaian serba putih dengan peci atau jilbab. Meski demikian, aksi massa masih belum dimulai hingga sekitar pukul 14.13 WIB dan para peserta yang sudah datang menunggu di sekitar trotoar.

Sementara itu, polisi menyiapkan pengamanan terkait aksi massa PERISAI pada hari ini. Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, tidak ada pengamanan khusus untuk aksi siang ini.

"(Pengamanan) biasa saja, jangan terlalu berlebihan," tutur Zulpan kepada awak media pada hari ini.

Menurut surat pemberitahuan yang disampaikan ke polisi, diperkirakan ada 50 orang yang mengikuti aksi massa tersebut. Zulpan menjelaskan bahwa personel yang dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut akan disesuaikan dengan jumlah pesera aksi.

"Kita lihat juga dari penyampaian yang akan menyampaikan pendapat juga kan mereka menyampaikan perkiraan massa 50, kita lihat juga dari pemberitahuan itu, kita sesuaikan lah," tukas Zulpan.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts