Sisa 2.531 Kuota Haji Bakal Diisi Jemaah Cadangan, Kemenag Lakukan Pemetaan
Pixabay/Abdullah_Shakoor
Nasional

Ada 2.531 sisa kuota haji di Indonesia yang bakal diisi oleh jemaah cadangan. Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag menyebut pihaknya akan melakukan pemetaan untuk mengisi sisa kuota tersebut.

WowKeren - Arab Saudi telah menetapkan bahwa Indonesia mendapat jatah kuota haji sebesar 100.051 jemaah. Sedangkan sisa kuota haji sebanyak 2.531 orang akan diisi jemaah dengan status cadangan.

Sementara itu, saat ini jemaah haji cadangan diketahui ada 12.294 orang. Proses pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) dan konfirmasi keberangkatan jemaah sudah ditutup pada Jumat (20/5) lalu.

"Sisa kuota 2.531 akan diisi jemaah dengan status cadangan yang jumlahnya mencapai 12.294,” kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Saiful Mujab, dikutip dari keterangan resmi Kemenag, Senin (23/5).

Mujab menyampaikan, pihaknya juga telah memberi kesempatan bagi jemaah haji cadangan untuk melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan. Saiful Mujab menyampaikan bahwa mekanisme pengisian sisa kuota ini juga telah diatur dalam Surat Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 157 tahun 2022.


Ada dua ketentuan dasar dalam SK Dirjen PHU tersebut. Pertama, apabila sampai akhir pelunasan Bipih Tahun 1443 H/ 2022 M, masih terdapat sisa kuota jemaah haji reguler, maka sisa kuota digunakan untuk jemaah haji reguler nomor porsi berikutnya dalam satu provinsi.

Kedua, apabila masih terdapat sisa kuota setelah pengisian kuota jemaah haji cadangan dalam satu provinsi, sisa kuota haji diberikan kepada provinsi lain. Tapi dengan mengutamakan provinsi dalam satu embarkasi.

"Jadi, kami akan melakukan pemetaan sisa kuota yang ada berbasis provinsi lalu dipadukan dengan jemaah yang sudah melakukan pelunasan dan konfirmasi keberangkatan namun dengan status cadangan,” pungkas Mujab.

Melihat dari sisi jumlah, jumlah total jemaah cadangan jauh lebih besar dari sisa kuota yang ada. Sehingga total kuota terisi semua.

Seperti diketahui, Indonesia akhirnya bisa kembali memberangkatkan jamaah untuk melakukan ibadah haji setelah 2 tahun lamanya. Meski begitu, jumlah kuota yang diberikan oleh pihak Arab Saudi memang masih lebih sedikit jika dibandingkan sebelum pandemi COVID-19. Sedangkan secara keseluruhan, Arab Saudi hanya menyediakan kuota 1 juta jemaah haji untuk tahun 2022.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait