Ribuan Karyawan Pabrik Selamatkan Diri Dari Banjir Rob Semarang, Ada yang Curhat Motor Tenggelam
Twitter/DISKOMINFOSS
Nasional

Sementara itu, Polda Jawa Tengah harus mengevakuasi beberapa karyawan PT Lamicitra yang sempat terjebak akibat banjir rob tersebut. Evakuasi dilakukan menggunakan dua unit perahu karet dan sejumlah rompi pelampung.

WowKeren - Banjir rob dilaporkan melanda kawasan pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (23/5). Banjir rob ini diduga akibat jebolnya tanggul di kawasan tersebut.

Hal ini membuat aktivitas karyawan di perusahaan sekitar pelabuhan terpaksa harus dihentikan. Ribuan pekerja pun menyelamatkan diri dari peristiwa banjir rob tersebut. Beberapa karyawan pabrik yang ada di kawasan tersebut lantas membagikan kesaksiannya kala banjir rob menerjang.

Menurut seorang karyawan pabrik garmen bernama Selli, seluruh karyawan di kawasan Tanjung Emas langsung diminta pulang usai tanggul jebol dan banjir rob melanda. "Pekerja pabrik tadi disuruh pulang semua karena rob makin tinggi. Posisi kira-kira sudah sedada orang dewasa sekitar pukul 13.30 WIB," ungkap Selli kepada Solopos.com.

Sayangnya, banyak karyawan pabrik yang kesulitan keluar dari kawasan pelabuhan karena tingginya air rob membuat sepeda motor mereka mogok. Beberapa sepeda motor bahkan disebut ada yang hanyut terbawa air.


"Jadi pas saya lewat, kelelep (tenggelam motornya), tinggal spion saja yang kelihatan. Ini (motor) mogok juga jadinya. Jadi banyak yang ditinggal di parkiran karena enggak sempat menyelamatkan," jelasnya.

Menurutnya, banjir rob kali ini merupakan yang terparah dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Ini terparah, tahun sebelumnya belum pernah seperti ini. Paling cuma rob kecil, airnya selutut saja," paparnya.

Sementara itu, Polda Jawa Tengah harus mengevakuasi beberapa karyawan PT Lamicitra yang sempat terjebak akibat banjir rob tersebut. "Evakuasi dilakukan menggunakan dua unit perahu karet dan sejumlah rompi pelampung dilakukan secara sinergi dari petugas Polrestabes Semarang, Polari, BPBD, dan stakeholder terkait," papar Direktur Polair Polda Jateng, Kombes Pol Hariadi.

Menurut Hariadi, ada seorang karyawan wanita yang lemas dalam proses evakuasi tersebut. Wanita tersebut kemudian dibawa ke Dermaga Nusantara dan dinaikkan kapal patroli Polair.

"Selanjutnya dibawa ke Dermaga KPTE guna mendapat penanganan lebih lanjut," tambahnya.

(wk/Indr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru