Ketua MK Sah Jadi Adik Ipar Jokowi, Anwar Usman Libatkan Hakim Konstitusi Dalam Pernikahannya
Instagram/jokowi
Nasional

Akad nikah Ketua MK Anwar Usman dengan adik Jokowi, Idayati berlangsung dengan khidmat. Dalam acara bahagia tersebut tampak juga melibatkan beberapa Hakim Konstitusi.

WowKeren - Akad nikah Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dengan adik Presiden Joko Widodo yakni Idayati telah selesai digelar pada Kamis (26/5) hari ini. Dengan begitu, kini Anwar telah sah menjadi adik ipar Jokowi.

Adapun akad nikah tersebut berlangsung di Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah. Jokowi sendiri diketahui menjadi wali nikah sang adik dengan Anwar.

"Saya nikahkan Profesor Dr H Anwar Usman, SH MH bin H Usman, saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya Hidayati binti Notomiharjo, nikah dengan engkau, dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," ujar Jokowi saat menjadi wali nikah adiknya, Idayati, Kamis (26/5).

Kemudian kalimat ijab kabul Jokowi tersebut langsung disambut dengan tegas oleh Anwar. "Saya terima nikahnya dan jodohnya, Hidayani binti Notomoharjo dengan mahar tersebut tunai," sahut Anwar.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjadi saksi pernikahan Anwar dan Idayati. Untuk mas kawinnya sendiri diketahui merupakan seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan.


Dalam pernikahan Anwar dengan Idayati, tampak sejumlah hakim MK yang juga dilibatkan dalam upacara pernikahan mereka. Di antaranya adalah Hakim Konstitusi Arief Hidayat yang menjadi Juru Bicara Keluarga Besar Anwar. Arief lantas memimpin proses pasrah tampi, yakni penyerahan pria ke keluarga pengantin perempuan.

Selain Arief, tampak juga Aswanto dan Suhartoyo. Ketiga Hakim Konstitusi tersebut diketahui menjadi perwakilan keluarga besar Anwar. "Didampingi Bapak H. Profesor Doktor Aswanto, S.H., M.H. dan ibu, Bapak H,. Doktor Suhartoyo, S.H., M.A. dan ibu, bermaksud menyerahkan calon mempelai pria Bapak Profesor Dktor H. Anwar Usman, S.H. M.H., untuk melaksanakan hajat suci upacara akad nikah dengan Ibu Hj. Idayati," tutur Arief dalam upacara perbikahan.

Hakim Konstitusi lainnya yang juga dilibatkan adalah Wahiduddin Adams yang menjadi pembaca doa usai ijab kabul dilaksanakan. Kemudian ada juga sejumlah pejabat lainnya yang juga dilibatkan dalam pernikahan Anwar dan Idayati.

Selain Ma'ruf Amin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga turut hadir menjadi saksi pernikahan tersebut. Kemudian juga tampak dihadiri oleh Imam Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar yang mengisi khotbah.

Sementara penyerahan dokumen kependudukan langsung dilakukan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh. Dalam acara bahagia itu juga tampak dihadiri oleh sejumlah elite pemerintahan, beberapa di antaranya adalah Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait