Bisa Renang dan Diving, Anak Ridwan Kamil Disebut Pastikan Perenang Lain Aman Sebelum Terseret Arus
Nasional

Di sisi lain, Ridwan Kamil sempat terjun langsung ke lokasi untuk memantau proses pencarian putranya. Ia disebut tampak tabah saat ikut memantau langsung pencarian di area Sungai Aare.

WowKeren - Proses pencarian putra sulung Gubernur Jawa Barat Rodwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, masih terus berlangsung. Eril diketahui hilang saat berenang di Sungai Aaare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5) waktu setempat.

Menurut paman Eril, Elpi Nazmuzzaman, ponakannya tersebut sempat memastikan perenang lain dalam posisi aman sampai ke daratan sebelum akhirnya terseret arus. Informasi itu didapat Elpi dari keluarga yang masih berada di Swiss.

"Beliau kelihatannya mengambil posisi paling belakang karena ingin memastikan semua pada posisi yang safety," ungkap Elpi dalam konferensi pers pada Sabtu (28/5) hari ini.

Lebih lanjut, Elpi mengungkapkan bahwa Eril bisa berenang dan bahkan telah memiliki lisensi diving alias menyelam. "Beliau bisa berenang, kemudian beliau juga punya sertifikat diving, jadi punya kemampuan untuk menilai dan mengukur arus," terangnya.

Eril juga disebut telah melakukan survei lokasi yang aman serta memastikan kesiapan fisik dan mental sebelum berenang di Sungai Aare. Hanya saja, saat itu memang terjadi arus yang tak bisa dikendalikan.


"Informasi keluarga Eril memastikan yang lain bisa sampai ke daratan, setelah itu mungkin ada situasi arus yang tidak bisa dikendalikan," papar Elpi.

Menurut pihak keluarga di Swiss, kondisi debit air di Sungai Aare saat kejadian memang relatif lebih tinggi dibanding dua hari berikutnya. Elpi menilai situasi tersebut berada di luar jangkauan dan antisipasi manusia.

"Informasi yang kami terima dari pihak keluarga kebetulan hari itu debit air relatif lebih tinggi dari hari-hari sekarang," ujarnya.

Di sisi lain, Ridwan Kamil sempat terjun langsung ke lokasi untuk memantau proses pencarian putranya. Menurut Duta Besar Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad, Ridwan Kamil tampak tabah saat ikut memantau langsung pencarian di area Sungai Aare.

Muliaman juga menegaskan bahwa pencarian Eril kini terus menjadi prioritas. Berbagai metode akan terus dilakukan Tim SAR Swiss untuk menemukan Eril. Mulai dari pencarian dilakukan lewat perahu, drone hingga penyelaman.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru