Kata Polisi Soal Ambruknya Atap Tribun Sirkuit Formula E Jakarta: Faktor Alam Saja
Nasional
Formula E 2022

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, hasil penyelidikan menunjukkan bahwa insiden tersebut murni terjadi karena faktor alam. Pihak panitia dipastikan telah memperbaiki atap tribun yang ambruk tersebut.

WowKeren - Atap salah satu tribun alias grandstand di Sirkuit Formula E Jakarta sempat ambruk pekan lalu usai diterjang angin kencang. Kekinian, pihak kepolisian menyatakan tidak ada unsur kelalaian terkait ambruknya atap tribun tersebut.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan, hasil penyelidikan menunjukkan bahwa insiden tersebut murni terjadi karena faktor alam. "Enggak (unsur kelalaian). Itu sudah diperbaiki, faktor alam saja," ujar Zulpan kepada awak media, Senin (30/5).

Pihak panitia dipastikan telah memperbaiki atap tribun yang ambruk tersebut. Zulpan mengatakan bahwa para penonton bisa menonton Formula E yang dimulai pada 4 Juni 2022 di Ancol dengan aman.

"Panitia juga sudah coba perbaiki apa yang menjadi kerusakan itu," paparnya. "Bisa digunakan dengan baik kemudian memberikan keselamatan kepada semua penonton."

Oleh sebab itu, pihak kepolisian tidak akan melakukan pemanggilan terhadap panitia penyelenggara Formula E Jakarta terkait insiden ambruknya atap tribun tersebut. Zulpan sendiri menyatakan bahwa pihak kepolisian akan menyiapkan pengamanan maksimal untuk ajang balap mobil listrik tersebut.


"Terkait dengan pengamanan Formula e tentu kita akan memberikan pengamanan maksimal," jelas Zulpan.

Meski demikian, Zulpan belum merinci jumlah personel yang akan dikerahkan untuk mengamankan agenda tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa pasukannya telah siap untuk mengamankan acara yang diprediksi akan dihadiri sekitar 20 ribu orang itu.

"Karena kegiatan ini berdasarkan data yang kita terima dari panitia dan rapat koordinasi yang kita lakukan penonton cukup banyak. Penonton di dalam aja 20 ribu," ujarnya.

Zulpan pun berharap agar gelaran Formula E Jakarta dapat berlangsung dengan aman.

Sebelumnya, Ketua Panitia Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni, telah mengungkapkan bahwa atap tribun yang rusak tersebut langsung diperbaiki. Pihak panitia pun memastikan tidak ada korban jiwa dalam insiden ambruknya atap tribun tersebut. Mengingat tidak ada kegiatan yang berlangsung di Sirkuit Formula E pada saat kejadian.

"Angin kencang dan hujan badai tadi malam, hanya satu grandstand saja, yang rubuh itu atapnya saja. Tapi langsung dikerjain kembali tadi pagi," tutur Sahroni, Sabtu (28/5). "Kekuatan tambahan pada tenda akan ditambah untuk tidak terulang kembali, asalkan enggak badai kaya tadi malam."

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait