Polda Metro Jaya Kumpulkan Fakta Konvoi Khilafatul Muslimin, Bakal Ada Tindakan Tegas
Twitter
Nasional

Polda Metro Jaya telah membentuk tim khusus untuk mengusut masalah konvoi 'kebangkitan khilafah' kelompok Khilafatul Muslimin. Kepolisian pun telah menyiapkan tindakan tegas.

WowKeren - Setelah viral melakukan konvoi kebangkitan khilafah, kini pihak kepolisian pun terus melakukan penyelidikan mengenai aktivitas Khilafatul Muslimin. Kepolisian juga tengah mengumpulkan fakta-fakta dan akan menindak tegas organisasi tersebut jika memang ditemukan pelanggaran.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan pihaknya bakal memberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku jika ditemukan unsur pidana terkait peristiwa konvoi tersebut. Zulpan menyebut berdasarkan fakta yang dikumpulkan sejauh ini, konvoi oleh Khilafatul Muslimin itu merupakan pelanggaran terhadap UUD 1945.

"Apabila ditemukan nantinya adanya unsur pidana dalam kegiatan ini tentu akan melakukan penegakan hukum secara tegas," kata Zulpan kepada wartawan, Kamis (2/6).

Zulpan mengungkap bahwa konvoi tersebut juga bertujuan untuk mengajak atau membangkitkan masyarakat untuk benci terhadap pemerintah. Hal itu tentu saja merupakan suatu tindakan pelanggaran hukum.

"Kegiatan yang mengajak masyarakat untuk membangkitkan kebencian terhadap pemerintah yang sah, juga merupakan pelanggaran hukum yang bisa dipidana," ujarnya.

Diketahui, Polda Metro Jaya juga telah membentuk tim khusus untuk mengusut konvoi Khilafatul Muslimin tersebut. Kepolisian juga bakal meminta keterangan dari mereka yang terlibat dalam konvoi.

Sebelumnya, Khilafatul Muslimin mengakui bahwa memang anggotanya yang melakukan konvoi di Cawang, Jakarta Timur. Namun Amir Khilafatul Muslimin DKI Jakarta, Abudan, mengatakan bahwa sebenarnya konvoi serupa sudah dilakukan sejak tahun 2018 lalu.

Sementara itu, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menyatakan saat ini pihaknya tengah mengumpulkan bukti-bukti dugaan tindak pidana terorisme yang berkaitan dengan kelompok Khilafatul Muslimin. Kepolisian menilai bahwa ormas ini memiliki latar belakang dan juga kedekatan dengan sejumlah organisasi teroris. Polisi juga menduga mereka berpotensi menimbulkan kejahatan tersebut.

Diketahui sebelumnya, video mengenai konvoi pengendara sepeda motor yang membawa poster bertuliskan 'Kebangkitan Khilafah' beredar di dunia maya hingga jadi viral. Dalam keterangan di video yang beredar, disebutkan bahwa peristiwa itu terjadi di daerah Cawang, Jakarta Timur pada Minggu (29/5) sekitar pukul 09.14 WIB. Ada beberapa macam poster yang dibawa para pesepeda motor yang konvoi itu. Salah satunya bertuliskan 'SAMBUT KEBANGKITAN KHILAFAH ISLAMIYAH'.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru