Album 'Proof' BTS Terjual 1,5 Juta Copy Hanya dalam Setengah Hari Sejak Rilis
Musik

'Proof' terjual sebanyak 1.449.722 copy. Mengingat toko kaset biasanya buka sekitar jam 10 pagi, mereka dengan mudah menjadi million seller hanya dalam setengah hari.

WowKeren - BTS (Bangtan Boys) comeback dengan merilis album antologi bertajuk "Proof" pada hari ini, Jumat (10/6). Album tersebut menunjukkan popularitasnya dengan terjual sekitar 1,5 juta copy hanya dalam waktu setengah hari pada 10 Juni, hari perilisannya.

"Proof" terjual sebanyak 1.449.722 copy, termasuk 806.899 copy "Compact Edition" dan 642.823 copy "Standard Edition," pada 17:30. di Hanteo Chart. Mengingat toko kaset biasanya buka sekitar jam 10 pagi, mereka dengan mudah menjadi million seller hanya dalam setengah hari.

Penjualan di minggu pertama, termasuk hari pertama rilis, dipandang sebagai indikator utama ukuran fandom suatu grup atau penyanyi. Berdasarkan Hanteo Chart, penjualan tertinggi di minggu pertama ditetapkan oleh BTS dengan "MAP OF THE SOUL: 7" pada Februari 2020 yang mencapai 3,37 juta copy.

Album kali ini berisi tiga CD untuk menyusun sejarah sembilan tahun BTS. Alhasil, mengingat harga per album relatif mahal dengan 19.300 won untuk Compact Edition dan 54.900 won untuk Standard Edition (menurut Weverse Shop), fakta bahwa "Proof" terjual 1,5 juta copy pada hari pertama sungguh luar biasa.

Di sisi lain, BTS telah mencapai ketenaran tidak hanya pada penjualan album tetapi juga di tangga musik. Begitu lagu utama "Yet To Come" dirilis pada pukul 1 siang KST, lagu tersebut langsung mencapai posisi teratas di situs musik terbesar negara Melon Top 100 pada pukul 2 siang KST.


Seorang pejabat dari Melon menjelaskan, "Sejak diperkenalkannya chart Melon Top 100 pada Agustus tahun lalu, lagu 'Yet to Come' milik BTS adalah lagu pertama yang masuk ke posisi teratas segera setelah dirilis."

Pada pukul 5 sore, BTS berada di peringkat No. 1 di chart Top 100 Melon dengan "Yet To Come", No. 16 dengan “Dynamite,” No. 17 dengan “Born Singer,” No. 18 dengan “Butter,” No. .20 dengan “Permission To Dance”, No.21 dengan “Run with BTS”, No.30 dengan “For Youth”, No.38 dengan “Spring Day”, No.45 dengan “My Universe”, No.73 dengan "Boy With Luv". Dengan kata lain, 10% dari tangga lagu diisi dengan lagu-lagu BTS. BTS juga menduduki puncak chart Genie dan Bugs.

Sementara itu, banyak yang memperhatikan performa BTS di tangga lagu Billboard AS dan juga di Korea. Mempertimbangkan bahwa tangga lagu Billboard mulai dihitung setiap hari Jumat, mereka merilis lagu-lagu baru mereka pada pukul 00:00 waktu AS bagian timur dan pukul 1 siang dalam waktu Korea.

BTS telah menduduki puncak tangga lagu utama Billboard "Hot 100" dengan total enam lagu, termasuk "Dynamite," "Savage Love," "Life Goes On," "Butter," "Permission to Dance" dan "My Universe." Mereka menempati peringkat pertama di chart album utama Billboard "Billboard 200" dengan 5 album, termasuk "LOVE YOURSELF: Tear", "LOVE YOURSELF: Answer", "MAP OF THE SOUL: PERSONA", "MAP OF THE SOUL: 7" dan "BE".

Secara khusus, album mereka "BE" yang dirilis pada November 2020 juga mencatat rekor luar biasa dengan menduduki puncak tangga album Billboard dan tangga lagu singel secara bersamaan. Di industri musik, karena album ini mencakup sembilan tahun karir BTS, banyak yang mengatakan bahwa layak untuk menantikan album Billboard grup berikutnya dan hasil tangga lagu, yang akan dirilis sekitar tanggal 21 Juni.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru