BTS Jadi Contoh, Sistem Idol K-pop Dikritik Surat Kabar Inggris
Naver
Selebriti

The Times menerbitkan artikel fitur tentang hiatus BTS, menunjukkan budaya fandom dan sistem K-idol di mana idol terlalu banyak bekerja dan tidak diberi waktu untuk kehidupan pribadi dan pertumbuhan.

WowKeren - Pada 17 Juni waktu setempat, surat kabar Inggris The Times menerbitkan artikel dengan judul, "BTS, mengapa boy band terbesar di dunia bubar?" di halaman depan yang memuat analisis oleh editor Asia yang mewawancarai BTS pada tahun 2018.

Richard Lloyd Perry, editor Asia dari The Times, mengatakan dia terkejut dengan berita hiatus BTS (Bangtan Boys) dari aktivitas grup dan mengingat wawancara masa lalu yang dia lakukan dengan mereka.

Dia berkata, “Kehidupan band K-pop tampak seperti formula untuk keruntuhan saraf ketika saya mewawancarai mereka di Seoul empat tahun lalu”, menambahkan, “Anggota BTS memiliki kehidupan yang tidak normal. Mereka bahkan mengeluh tidak punya waktu untuk bertemu keluarga, apalagi berkencan.”

Editor Parry juga berkata, "Saya merasa sangat kasihan pada BTS", menambahkan, "Mereka tampak sedih alih-alih seksi, dan lelah alih-alih mencolok". Dia kemudian menekankan, "Mereka adalah miliuner paling banyak bekerja yang pernah saya lihat".


Dia juga menyebutkan bahwa BTS berada di bawah terlalu banyak tekanan, dengan mengatakan, "Tidak hanya menjadi kebanggaan dan simbol Korea, BTS bahkan memikul tanggung jawab nasional", menambahkan, "Mereka dianggap sebagai ekspor utama dan aset nasional yang strategis." Ini juga menjelaskan mengapa BTS sering dipanggil ke acara-acara besar di Gedung Biru, Gedung Putih, dan Majelis Umum PBB.

Sebenarnya, BTS menemani mantan Presiden Moon Jae-in sebagai utusan khusus kepresidenan ketika ia memberikan pidatonya di Majelis Umum PBB pada September tahun lalu, tetapi biaya perjalanan untuk BTS tidak dibayar tepat waktu sehingga memicu kontroversi saat itu.

Editor Parry juga memberikan prediksi negatif tentang masa depan agensi BTS, HYBE. Dia berkata, “Harga saham HYBE baru-baru ini mengalami penurunan tajam dan ini bukan penyesuaian sementara. Investor percaya bahwa 'susu' dari 'sapi perah' BTS telah mengering."

Sementara itu, BTS telah menegaskan bahwa mereka tidak bubar melainkan hiatus sementara dari kegiatan grup. Dengan demikian, para member dapat fokus pada aktivitas solo dan fokus pada hal atau bidang yang mereka sukai dan ingin tekuni lebih dalam.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru