Kaji Legalisasi Ganja Medis di Indonesia, DPR Bakal Dengar Pendapat Dokter-Farmakologi
Unsplash/Marco Jimenez
Nasional

DPR akan mengkaji wacana legalisasi ganja untuk kebutuhan medis di Indonesia dengan mendengar pendapat dokter hingga farmakologi. Meski begitu, DPR tak mau terburu-buru dalam membuat keputusan.

WowKeren - Wacana legalisasi ganja untuk kebutuhan medis kembali muncul di Indonesia. Isu itu kembali menjadi perhatian usai seorang ibu memohon pemerintah untuk melakukan legalisasi ganja medis demi anaknya yang berkebutuhan khusus.

Anggota Komisi III DPR RI Arsul Sani pun menyatakan pihaknya akan melakukan kajian dengan mendengarkan pendapat para dokter dan farmakolog terkait legalisasi ganja untuk kepentingan medis. Langkah itu ditempuh karena Komisi III DPR memang menerima aspirasi dari kalangan masyarakat tertentu untuk legalisasi ganja guna pengobatan atau perawatan atas penyakit tertentu.

"Kami tentu akan mengkajinya secara hati-hati dan mendengarkan pendapat para ahli kesehatan, baik dokter maupun farmakolog," ucap Arsul saat dihubungi, Senin (27/6).

Meski begitu, Arsul menyebut pihaknya tidak bisa buru-buru memutuskan menolak atau menyetujui dorongan legalisasi ganja untuk kepentingan medis di Indonesia. Namun, Arsul menegaskan bahwa Komisi III DPR tidak akan melakukan legalisasi ganja untuk penggunaan yang bertujuan mendapatkan kesenangan


"Tentu tidak bisa terburu-buru untuk menerima atau menolak begitu saja terkait kemungkinan legalisasi ganja untuk pengobatan. Namun, kami di Komisi III DPR secara tegas ingin menyampaikan bahwa kami tidak akan melegalisasi ganja untuk kesenangan cannabis for leisure sebagaimana yang ada di sejumlah negara," jelas Arsul.

Seperti diketahui, sebelumnya seorang ibu bernama Santi Warastuti asal Sleman, Yogyakarta, melakukan aksi damai di kawasan Bundaran HI, Jakarta saat Car Free Day (CFD), Minggu (26/6). Santi ditemani anaknya Pika, yang mengidap kelainan otak.

Santi membawa sebuah surat yang ditujukan kepada hakim MK agar segera memberikan putusan atas permohonan uji yang sudah dia ajukan atas UU Narkotika. Ia meminta agar ganja yang masuk golongan I UU Narkotika bisa digunakan untuk keperluan medis.

Dalam foto yang beredar, di kawasan Bundaran HI yang ramai itu, Santi terlihat memegang papan putih bertuliskan 'Tolong Anakku Butuh Ganja Medis'. Aksinya itu pun turut menarik simpati publik figur Tanah Air, Andien Aisyah. Penyanyi itu pun juga ikut memberikan dukungan untuk Santi dan sang buah hati melalui akun sosial medianya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru