Beragam Respons Soal Wacana 'Duet Pemersatu Bangsa' Anies Baswedan-Ganjar Pranowo
Instagram
Nasional

Kolaborasi antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai Partai NasDem bisa menjadi 'Duet Pemersatu Bangsa'.

WowKeren - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sempat mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk dipasangkan dalam Pilpres 2024. Anies dan Ganjar dinilai bisa menjadi "Duet Pemersatu Bangsa".

Wacana duet Anies-Ganjar tersebut lantas menuai beragam respons dari sejumlah parpol. PDIP selaku parpol yang menaungi Ganjar misalnya, tidak setuju dengan usulan tersebut.

Menurut Ketua DPD PDIP Djarot Saiful Hidayat, persatuan bangsa bisa terjadi karena adanya persamaan pemahaman mengenai sebuah ideologi. Bukan disebabkan oleh adanya duet figur-figur tertentu.

"Yang mempersatukan bangsa kita, sekali lagi ya itu bukan orang per orang lho. Yang mempersatukan bangsa kita itu ideologi," jelas Djarot di Jakarta, Senin (27/6). "Ideologi Pancasila itu lah yang mempersatukan bangsa kita. Nilai-nilai dalam ideologi itulah yang mempersatukan bangsa kita."

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga menolak wacana duet Anies-Ganjar tersebut. Menurut Juru Bicara PSI Arya Bimo, Anies tidak cocok untuk menjadi calon wakil presiden Ganjar.


Sementara itu, Partai Golkar memberikan pandangan yang lebih "santai". Menurut Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, wajar apabila Surya Paloh berpandangan untuk menduetkan Anies dan Ganjar. Ia mengatakan bahwa setiap parpol memiliki kedaulatan dalam mengambil keputusan dan kebijakan masing-masing.

"Ya karena itu disampaikan oleh Ketua Umum partai politik, ya Pak Surya Paloh, saya kira kan itu suatu wacana atau pernyataan yang menurut saya biasa saja," ujar Doli.

Di sisi lain, Ganjar sendiri enggan menjawab pertanyaan soal "Duet Pemersatu Bangsa" tersebut. Ganjar hanya menanggapi wacana tersebut dengan guyonan.

"(Duet pemersatu bangsa) Aku duet karo bojoku (Aku duet dengan istriku)," ujarnya pada Minggu (26/6).

Sementara itu, Anies mengaku masih berfokus untuk Jakarta kala ditanya mengenai wacana duet bersama Ganjar. "Saya ngurusin Jakarta dulu pokoknya. Fokus di situ," tegas Anies.

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts