Ikut Jokowi Kunjungi Ukraina, Ibu Negara Iriana Ngaku Merinding dan Berharap Perang Segera Berakhir
YouTube/Sekretariat Presiden
Nasional

Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv. Bantuan yang diberikan berupa obat-obatan.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah selesai melakukan kunjungan ke Ukraina pada Rabu (29/6). Dalam lawatan ke Ukraina, Sang Presiden turut didampingi oleh Ibu Negara Iriana Jokowi.

Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv. Bantuan yang diberikan berupa obat-obatan.

"Ini tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit yang korban dari peperangan," jelas Iriana dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Sekretariat Presiden. "Dengan Bismillah saya mendampingi Bapak. Moga-moga peperangan ini segera berakhir. Karena sangat merinding saya melihat."

Tak hanya bantuan kemanusiaan yang diserahkan kepada rumah sakit, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang. "Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," papar Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi secara terpisah.

Sebelum mengunjungi Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina, rombongan Jokowi sempat meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin. Kompleks apartemen tersebut diketahui hancur akibat perang.


"Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," tutur Jokowi.

Oleh sebab itu, Jokowi berharap agar serangan bisa segera dihentikan. Sehingga tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

"Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang," jelas Jokowi.

Sementara itu, Jokowi juga sempat mengadakan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menawarkan kepada Zelensky untuk menjadi pembawa pesan ke Presiden Rusia Vladimir Putin. Di mana Jokowi memang dijadwalkan akan bertolak ke Rusia dan bertemu dengan Vladimir Putin usai kunjungannya ke Ukraina.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru