Masjid Istiqlal Akan Menggelar Salat Idul Adha Pada 10 Juli 2022, Jemaah Wajib Pakai Masker
Unsplash/Reza Badar
Nasional

Pemerintah sebelumnya telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022. Masjid Istiqlal pun akan menggelar salat Idul Adha pada Minggu (10/7), dengan tetap menerapkan prokes.

WowKeren - Kementerian Agama (Kemenag) sebelumnya telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada 10 Juli 2022. Hal ini ditetapkan berdasarkan dari hasil sidang isbat yang berlangsung pada Rabu (29/6) kemarin.

Menindaklanjuti hasil sidang isbat dari Kemenag, Masjid Istiqlal pun akan menggelar salat Idul Adha 2022 berjamaah pada Minggu (10/7) nanti. "Iya, InsyaAllah (menggelar salat Ied). Betul, 10 Juli 2022," ujar Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal Abu Hurairah kepada CNNIndonesia.com, Kamis (30/6).

Akan tetapi, Abu Hurairah tidak menerangkan secara rinci terkait kapasitas jemaah yang diperbolehkan melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Istiqlal pada tahun 2022 ini. Ia hanya menegaskan bahwa protokol kesehatan (prokes) tetap wajib diterapkan secara ketat, misalnya memakai masker. "Pakai masker tetap," terang Abu Hurairah.

Lebih lanjut, Abu Hurairah memastikan bahwa Masjid Istiqlal juga akan menggelar penyembelihan hewan kurban. Nantinya, daging hewan kurban tersebut akan didistribusikan ke berbagai masjid, musala, pesantren, dan masyarakat di sekitar.


Sebagaimana diketahui, Masjid Istiqlal saat ini telah menggelar berbagai ibadah dan kegiatan keagamaan pada tahun 2022 ini, usai virus Corona tidak mengalami lonjakan signifikan di Indonesia.

Misalnya saja acara buka puasa bersama, iktikaf hingga salat tarawih berjamaah pada bulan Ramadhan 1443 H lalu. Selain itu Masjid Istiqlal juga menggelar salat Idul Fitri 1443 H berjamaah tingkat kenegaraan pada 2 Mei 2022 lalu.

Sementara itu, sama halnya dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, pada Idul Adha 1443 H pun mengalami perbedaan dengan Muhammdiyah. Seperti yang diketahui, Muhammadiyah sebelumnya telah lebih dulu mengumumkan bahwa Idul Adha 1443 H jatuh pada 9 Juli 2022.

Meski ada perbedaan perayaan Idul Adha 1443 H antara pemerintah dengan Muhammadiyah, namun masyarakat diharapkan tidak memperdebatkannya. Selain itu, seluruh umat Islam di Indonesia juga diharapkan tetap merayakan Idul Adha 1443 H dengan damai dan toleransi.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru