Retno Marsudi Konfirmasi Kehadiran Seluruh Menlu Anggota G20 di Acara FMM di Bali
Twitter/Menlu_RI
Nasional
KTT G20

Menteri Luar Negeri dari para anggota G20 mengkonfirmasi kehadiran mereka di acara FMM pada 7 dan 8 Juli 2022 mendatang. Informasi itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

WowKeren - Pertemuan Foreign Minister Meeting (FMM) G20 akan diselenggarakan pada 7-8 Juli 2022 mendatang di Bali. Pada pertemuan tersebut, Para Menteri Luar Negeri (Menlu) anggota G20 dikonfirmasi akan hadir.

Hal ini disampaikan Menlu RI, Retno Marsudi pada konferensi pers secara virtual di YouTube Sekretariat Presiden pada Jumat (1/6/2). Retno Marsudi menyebut para negara anggota G20 telah mengonfirmasi kedatangan Menteri Luar Negeri mereka masing-masing dalam pertemuan tersebut.

"Alhamdulillah per hari ini, kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua Menteri Luar Negeri anggota G20 akan hadir di pertemuan Para Menteri Luar Negeri G20," kata Retno Marsudi.

Seperti diketahui, anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Perancis, Tiongkok, Turki. Termasuk juga Rusia dan Uni Eropa.


Meski tidak disebutkan secara rinci oleh Menlu Retno, namun Co-Sherpa G20 Dubes, Dian Triansyah Djani pada konferensi pers sebelumnya menyatakan bahwa mayoritas Menlu anggota G20 akan hadir secara langsung di Bali. Menlu RI pun menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada para koleganya yang telah menyampaikan komitmen dan konfirmasi untuk hadir.

"Situasi dunia memang sangat sulit saat ini, di sinilah kita perlu bekerja sama menjalankan komitmen untuk perdamaian dan kemanusiaan," ujngkap Retno Marsudi.

Sementara itu, pertemuan FMM G20 di Bali diketahui akan fokus membahas isu-isu yang dilihat dari perspektif lebih global dan juga aspek politik ditengah situasi yang sangat tidak menentu. Indonesia pun optimistis pertemuan para Menlu akan menghasilkan outcome progresif yang akan menguatkan multilateralisme maupun solidaritas antar negara di tengah krisis global.

"Dunia menunggu para pemimpin G30 untuk menunjukkan kepemimpinannya bagi perdamaian, kemanusiaan, dan kemakmuran," pungkas Retno Marsudi.

Sementara itu diketahui bahwa acara puncak G20 akan berlangsung di Bali pada bulan November mendatang. KTT ke-17 G20 itu nantinya akan diselenggarakan di Bali pada 15-16 November 2022. Adapun KTT ini menjadi puncak dari proses dan usaha yang intensif dari seluruh alur kerja G20 selama satu tahun presidensi Indonesia.

(wk/amel)


You can share this post!

Related Posts