Suasana Khidmat Salat Idul Adha Jemaah Muhammadiyah Pagi Ini
Nasional

Sebagai informasi, waktu pelaksanaan salat Idul Adha jemaah Muhammadiyah ini berbeda dengan yang ditetapkan oleh pemerintah. Muhammadiyah menetapkan bahwa Idul Adha jatuh pada Sabtu (9/7), sedangkan pemerintah Minggu (10/7).

WowKeren - Jemaah Muhammadiyah menggelar salat Idul Adha pada Sabtu (9/7) pagi ini. Di DKI Jakarta, salat Idul Adha jemaah Muhammadiyah digelar di 19 titik lokasi.

Jakarta International Equestrian Park di Pulomas, Jakarta Timur, menjadi salah satu titik lokasi salat Idul Adha jemaah Muhammadiyah pagi ini. Salat dilaksanakan di area parkiran, dengan jemaah laki-laki di area paling depan dan jemaah perempuan di area belakang.

Mayoritas jemaah laki-laki tampak mengenakan baju koko putih dan peci hitam. Adapun jumlah jemaah perepuan yang hadir tampak lebih banyak. Para jemaah membawa tikar dan sajadahnya sendiri.

Selain di Jakarta International Equestrian Park, salat Idul Adha jemaah Muhammadiyah juga dilaksanakan di halaman Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat. Salat Idul Adha pagi ini tampak berlangsung dengan khidmat.

Ribuan orang telah memadati Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah sejak pagi hari. Mulai dari orang tua hingga anak-anak tampak antusias memadati kawasan tersebut.


Wakil Sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Sopa, tampak menjadi imam dan khatib pada pelakasanaan salat pagi ini. Lantunan takbir pun bergema mengiringi Hari Raya Idul Adha.

Selain itu, salat Idul Adha juga dilaksanakan di SDS Muhammadiyah 23, Utan Kayu, Jakarta Timur. Pelaksanaan salat dimulai sekitar pukul 06.50 WIB.

Salat yang diadakan di halaman sekolah dihadiri ratusan jemaah yang memanjang hingga jalanan. Para jemaah tampak khusyuk melaksanakan ibadahnya.

Pelaksanaan salat pagi ini membuat Jalan Rambutan sempat ditutup sementara. Kendaraan jemaah diparkir di tepi jalan dekat lokasi salat.

Sebagai informasi, waktu pelaksanaan salat Idul Adha jemaah Muhammadiyah ini berbeda dengan yang ditetapkan oleh pemerintah. Muhammadiyah menetapkan bahwa Idul Adha jatuh pada Sabtu hari ini, sedangkan pemerintah menetapkan Idul Adha jatuh pada Minggu (10/7) besok.

Di sisi lain, jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah di Sumatera Utara (Sumut) diketahui merayakan Idul Adha pada Jumat (8/7) kemarin. "Kita Lebaran Idul Adha hari ini, salat Idul Adha dipusatkan di Masjid Bandar Tinggi dan di Marindal," ujar salah seorang jemaah Tarekat Naqsabandiyah yang diketahui identitasnya sebagai Syekh Muda Markum dalam keterangannya, Jumat.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait