Depok-Bekasi-Tangerang-Bogor Diusulkan Masuk Jakarta Raya, Dinilai Bisa Selesaikan Masalah Ini
Unsplash/Adrian Pranata
Nasional

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria sendiri telah menyampaikan terima kasih atas usulan penggabungan Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor, menjadi Jakarta Raya.

WowKeren - Wali Kota Depok Mohammad Idris sempat mengusulkan agar Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor, disatukan dengan Ibu Kota menjadi Jakarta Raya. Idris menilai penggabungan kawasan tersebut akan membuat permasalahan yang ada di daerah penyangga Jakarta menjadi mudah diselesaikan.

"Satu ide saya kalau mau sukses pembangunan Jakarta dan sekitarnya satukan Jakarta Raya," tutur Idris beberapa hari lalu. "Masalah banjir, masalah apa bisa selesai semua kalau satu Gubernur Jakarta Raya."

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Yani lantas menilai usulan tersebut bisa menjadi hal positif. Namun ia menegaskan bahwa tetap harus ada diskusi bersama semua pihak terkait penggabungan tersebut.

"Kami memandang ini adalah sesuatu yang positif namun perlu didiskusikan lebih lanjut dan duduk bareng," katanya.

Penyelesaian sejumlah persoalan seperti kemacetan, banjir, polusi, dan kesejahteraan disebut akan bisa dibicarakan bersama wilayah sekitar Jakarta jug. Oleh sebab itu, usulan Jakarta Raya dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah yang menahun dinilai bisa menjadi pemikiran yang sangat baik.

"Kalau kita membenahi semua hal yang berkaitan dengan Jakarta tapi hanya di Jakarta saja, itu memang akan mengalami hambatan. Harus ada kerja sama dengan kota-kota tetangga," terangnya.


Lebih lanjut, Ahmad Yani mengungkapkan bahwa usulan penggabungan wilayah Jabodetabek menjadi satu juga pernah bergulir di era Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Oleh sebab itu, usulan Jakarta Raya disebutnya harus melalui diskusi bersama antar pemerintah daerah.

"Kalau memang daerah-daerah itu punya konsep yang sama, kepala daerah bisa duduk bersama dan dibentuk Jakarta Raya, kenapa tidak?" ujarnya.

Di sisi lain, usulan Jakarta Raya ini telah ditanggapi oleh Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria. Politisi Partai Gerindra itu menyampaikan terima kasih atas usulan tersebut yang sudah pernah digaungkan di era Sutiyoso dulu.

"Kami berterima kasih kalau Wali Kota Depok mengusulkan Depok masuk dalam Jakarta Raya. Namun demikian, masalah masuknya Depok atau wilayah lain yakni megapolitan, Jakarta metropolitan dan sebagainya memang pernah diusulkan oleh bang Yos dulu," tutur Riza, Selasa (12/7).

Riza menilai usulan tersebut merupakan hal yang baik karena Jakarta dan wilayah sekitarnya dianggap "bersaudara". Namun ia menyerahkan usulan penggabungan daerah tersebut kepada pemerintah pusat.

"Memang ke depan apa yang pernah diusulkan oleh bang Yos atau Sutiyoso itu sesuatu yang baik. Sekali lagi Jakarta dengan daerah penyangga lainnya tidak mudah dipisahkan ya," tukasnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait