'SUNSET' Milik Nayeon TWICE Dituduh Plagiat Lagu Barat
Instagram/nayeonyny
Musik

Nayeon resmi debut solo lewat mini album 'IM NAYEON' dengan lagu utama bertajuk 'POP!' yang mendapatkan respons positif. Namun salah satu lagu dalam album ini dituduh plagiat.

WowKeren - Salah satu b-side di album solo debut Nayeon TWICE dituduh plagiat lagu barat. Namun sejumlah netizen ragu bahwa kesamaan yang ditunjukkan merupakan plagiat.

Pada 24 Juni 2022, Nayeon resmi debut solo lewat mini album "IM NAYEON" dengan lagu utama bertajuk "POP!" yang mendapatkan respons positif. Namun salah satu lagu dalam album ini dituduh plagiat.

Dalam album Nayeon, ada lagu ballad bertajuk "SUNSET." Netizen baru-baru ini menemukan kemiripan dari lagu tersebut dengan "How Will I Know" milik penyanyi Amerika Serikat, Stevie Wonder.

Verse awal "SUNSET" memang terdengar mirip dengan "How Will I Know." Namun karena dua-duanya lagu ballad, sulit mengklaim bahwa ini adalah plagiarisme.


Opini netizen juga terbagi. Beberapa menuduh Nayeon melakukan plagiat, sementara yang lain membela sang idol dan menunjukkan bahwa melodi yang terdengar mirip bukan berarti plagiarisme.

"Tidak, tapi itu terlalu identik. Aku bertanya-tanya seberapa mirip itu bisa terdengar, tapi itu hampir seperti level lagu cover. Aku terkejut," komentar netizen. "Melodinya memang mirip. Bahkan sangat mirip," tambah netizen lain.

"Bagian pertama memang identik, tetapi lagunya menjadi berbeda di bagian akhir," tulis netizen. "Kata plagiat itu gampang dilempar, tapi ujung-ujungnya malah merusak imej penyanyinya," sahut yang lain.

"Bahkan jika bait pertama serupa, melodi dan getaran keseluruhan dari lagu tersebut benar-benar berbeda. Nayeon juga tidak memiliki kredit penulisan untuk lagu ini, jadi bukanlah tanggung jawabnya untuk mengetahui apakah lagu tersebut memiliki kesamaan," pungkas lainnya.

Sementara itu, Nayeon menjadi member TWICE pertama yang resmi debut solo. Baru-baru ini grup beranggotakan 9 orang itu memutuskan untuk memperpanjang kontrak dengan agensi mereka, JYP Entertainment.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait