Twice Profile
Twice Profile Photo

Twice

Profesi
Grup vokal wanita
Tgl Lahir
Feb 11, 2015
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Grup vokal wanita
Populer
Merilis single "Like OOH-AHH" (2015)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Populer Sejak
Merilis single "Like OOH-AHH" (2015)

TWICE merupakan girl group asuhan JYP Entertainment yang debut pada 20 Oktober 2015. Digawangi oleh Jihyo, Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Mina Myoui, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu, TWICE terkenal dengan musik K-pop yang easy listening dan ceria. Meski begitu, perjalanan TWICE untuk bisa debut dengan sembilan membernya tidaklah mudah.

Awalnya, JYP Entertainment mengumumkan rencana untuk menerbitkan girl group baru setelah Miss A yang debut pada tahun 2010. Girl group baru yang dinamakan 6MIX tersebut rencananya akan digawangi oleh Jihyo, Jeongyeon, Nayeon, Cecilia, Minyoung, dan Lena. Namun Cecilia meninggalkan agensi sebelum debut, sehingga posisinya digantikan oleh Sana.

Sayangnya, 6MIX beberapa kali mengalami perubahan line-up hingga debut mereka tertunda berkali-kali. Pada akhirnya, JYP Entertainment membatalkan rencana debut 6MIX dan memilih memproduksi survival show bertajuk "Sixteen" untuk membentuk girl group baru beranggotakan 7 member. Survival show tersebut diikuti oleh 16 kontestan, termasuk solois Jeon Somi dan Chaeryeong ITZY.

Lewat survival show yang tayang sejak Mei hingga Juli 2015 tersebut, Jihyo, Nayeon, Chaeyoung, Jeongyeon, Mina, Sana, dan Dahyun akhirnya terpilih sebagai tujuh member TWICE. Namun di episode terakhir "Sixteen", Park Jin Young mengumumkan akan menambah jumlah member TWICE menjadi sembilan orang. Tzuyu yang memperoleh suara penonton terbanyak dipilih sebagai anggota tambahan TWICE. Sedangkan Momo yang sebelumnya sudah tereliminasi dipanggil kembali oleh Park Jin Young karena dinilai akan membawa keterampilan menari dan vokal yang hebat untuk grup.

Pada 20 Oktober 2015, TWICE resmi debut lewat mini album perdana bertajuk "The Story Begins" dengan single utama "Like Ooh Ahh". Video musik "Like Ooh Ahh" sukses menarik banyak perhatian dengan adanya sembilan member cantik yang menari di tengah kumpulan zombie. "Like Ooh Ahh" bahkan berhasil menjadi video musik debut K-Pop pertama yang mencapai 100 juta views di YouTube.

Setelah perjalanan panjang menjelang debut, para member TWICE sempat menangis kala mini album perdana mereka akhirnya dirilis. Dalam live streaming V App pada 19 Oktober 2015, Jihyo mengucapkan terima kasih kepada para penggemar yang telah menyertai mereka sejak acara "Sixteen".

"Terima kasih banyak kepada para penggemar yang telah menonton kami dan mendukung kami sejak 'SIXTEEN.' Kami akan terus bekerja keras dan kami akan menjadi penyanyi yang rendah hati yang tidak akan kehilangan pola pikir rookie kami," tutur Jihyo.

TWICE kemudian merilis mini album kedua mereka yang bertajuk "Page Two" dengan single utama "Cheer Up" pada 25 April 2016. Lewat "Cheer Up", TWICE berhasil memenangkan piala program musik pertama mereka di "M! Countdown". Lagu tersebut juga sukses memuncaki tangga lagu Melon selama puluhan pekan pasca dirilis. Gaon Chart pun mengumumkan bahwa "Cheer Up" merupakan lagu yang paling banyak diputar tahun 2016. Dengan beragam pencapaian tersebut, "Cheer Up" dinobatkan sebagai Song of the Year dalam ajang penghargaan Mnet Asia Music Awards 2016.

Meneruskan momentum kesuksesan mereka, TWICE merilis lagu dance pop "TT" dari mini album "TWICEcoaster : LANE 1" pada 24 Oktober 2016. Dengan video musik bertema Halloween dan musik adiktif, "TT" berhasil meraih 13 kemenangan di program musik Korea Selatan. "TT" juga menjadi video musik girl group K-Pop pertama yang mencapai 350 juta views di YouTube per 2 Mei 2018.

Tak hanya Korea Selatan, TWICE juga menyasar pasar Jepang dengan merilis album "#TWICE" pada 28 Juni 2017. Album debut Jepang TWICE tersebut terjual 46.871 eksemplar di hari pertama perilisan. Setelah TWICE menggelar debut showcase perdana mereka di Jepang pada 2 Juli 2017 yang dihadiri sekitar 15.000 penggemar, "#TWICE" langsung memuncaki Oricon Daily Album Chart.

Kesuksesan TWICE di Negeri Sakura membuat mereka berhasil menjadi girl group K-Pop pertama yang menggelar Dome Tour di Jepang pada 2019. Kala TWICE menjadi bintang tamu dalam program "Ask Us Anything" yang tayang 3 November 2018, Lee Sang Min menjelaskan betapa luar biasanya penyanyi yang bisa menggelar konser di Dome Jepang.

"Alasan mengapa Dome Tour luar biasa adalah karena tidak banyak penyanyi yang dapat mengadakan konser di dome, karena tidak banyak artis yang dapat memenuhi seluruh dome (dengan penonton konser)," ujarnya.

Kala ditanya bagaimana perasaan mereka tentang pencapaian tersebut, Nayeon mengaku senang impian mereka akhirnya menjadi kenyataan. Sedangkan Jihyo menilai pencapaian tersebut tentu akan lebih bermakna bagi para member mereka yang berasal dari Jepang. "Aku pernah pergi ke dome sebelumnya, dan itu sangat besar. Aku bertanya-tanya apakah kami bisa mengisinya. Aku sangat senang mimpiku menjadi kenyataan," beber Mina dalam kesempatan tersebut.

Pada 2020, para member TWICE menjadi bintang di serial YouTube Originals yang bertajuk "TWICE: Seize the Light". Serial tersebut merupakan dokumenter saat mereka melakukan tur dunia "TWICELIGHTS" pada tahun 2019. TWICE menjadi girl group K-Pop pertama yang memiliki serial YouTube Originals dengan total delapan episode.

"Pada hari-hari awal debut kami, impian kami adalah mengadakan konser, dan sekarang kami dapat mengadakan tur dunia, dan saya sangat bangga akan hal itu. Untuk titik balik, saya pikir bisa mengadakan tur dunia dan membuat film dokumenter YouTube tentangnya adalah titik balik besar bagi kami," beber Jihyo sang leader dalam konferensi pers.

Masih di tahun 2020, JYP Entertainment menandatangani kontrak kerjasama dengan Republic Records untuk mendukung TWICE di dunia musik internasional. Menurut CEO JYP Entertainment, Jimmy Jeong, aliansi strategis tersebut dirancang dengan harapan mereka untuk "menghadirkan K-pop tingkat berikutnya kepada penggemar di seluruh dunia."

TWICE kemudian merilis single berbahasa Inggris pertama mereka yang bertajuk "The Feels" pada 1 Oktober 2021. Dengan single tersebut, TWICE sukses menembus tangga lagu Billboard Hot 100 di posisi ke-83. "The Feels" juga menjadi lagu pertama TWICE yang masuk ke chart Official Singles di Inggris.

Meski kini telah mencapai kesuksesan luar biasa di kancah musik global, TWICE juga sempat terseret kontroversi. Salah satunya terkait line-up debut TWICE yang memasukkan Momo sebagai member meskipun ia sebenarnya telah tereliminasi dari "Sixteen". Para penonton "Sixteen" mempertanyakan keputusan Park Jin Young yang memanggil Momo kembali.

Pada 8 Juli 2015, JYP Entertainment telah meminta maaf karena karena gagal mengomunikasikan proses seleksi dengan jelas. Pihak agensi juga menjelaskan bahwa syarat bagi kontestan "Sixteen" untuk dipilih sebagai anggota TWICE voting yang diberikan oleh penonton dan pemirsa.

"Menjelang episode terakhir, kami berpikir bahwa tujuh anggota yang dipilih secara resmi dapat meninggalkan sesuatu yang diinginkan. Jadi selain tujuh (member terpilih), kami memutuskan untuk menambahkan satu anggota yang dipilih sendiri oleh pemirsa (Tzuyu) dan satu anggota yang dipilih sendiri oleh Park Jin Young (Momo)," beber pihak agensi. JYP Entertainment mengatakan bahwa mereka dengan rendah hati menerima kritik karena tidak menyampaikan struktur tujuh tambah dua member dengan benar untuk line-up debut final

Selain itu, Tzuyu juga sempat terseret dalam kontroversi kala muncul sambil membawa bendera Taiwan di acara TV Korea Selatan pada akhir 2015. Awalnya, hal tersebut tampak wajar mengingat Tzuyu lahir dan besar di Taiwan. Sayangnya, aksi Tzuyu yang tampak sederhana tersebut dipandang sebagian orang sebagai tindakan politik. Sebagai informasi, Taiwan merupakan pulau yang memiliki pemerintahannya sendiri, namun tetap diklaim oleh China.

Imbasnya, warganet China sempat menuntut agar Tzuyu dan TWICE dilarang tampil di negara mereka. Tak lama kemudian, Tzuyu yang kala itu baru berusia 16 tahun pun membuat video permintaan maaf yang mengungkapkan "penyesalan mendalam", kebanggaannya sebagai orang China, dan keyakinannya bahwa "hanya ada satu China".

Permintaan maaf dari Tzuyu yang kala itu masih di bawah umur juga sempat memicu kehebohan hingga dikomentari langsung oleh Presiden Taiwan terpilih kala itu, Tsai Ing Wen. "Seorang performer yang sedang berkembang di Korea Selatan, seorang gadis berusia 16 tahun, diserang karena memegang bendera nasional. Ini telah membuat marah orang-orang Taiwan," ujar Tsai Ing Wen.

Sementara itu, JYP Entertainment telah menjelaskan bahwa mereka tidak memaksa Tzuyu untuk merilis video permintaan maaf tersebut. Pihak agensi mengaku menunggu orangtua Tzuyu tiba di Korea dan mendiskusikan berbagai hal dengan sang idol. Setelah berdiskusi bersama, mereka akhirnya memutuskan untuk merilis pernyataan dari Tzuyu. Disimpulkan bahwa orangtua Tzuyu menginginkan kontroversi ini segera mereda dan mereka meminta agar banyak yang terus mendukung Tzuyu.

Meski sempat terseret kontroversi, TWICE pantang menyerah dan terus merilis karya-karya baru. Pada pertengahan 2022, TWICE bahkan sukses mematahkan "kutukan 7 tahun" kala semua membernya memperbarui kontrak dengan agensi. Melalui siaran pers, JYP Entertainment mengatakan bahwa kedua belah pihak telah memutuskan untuk melanjutkan kontrak "berdasarkan kepercayaan" dan "memperbarui kontrak mereka lebih awal". Kontrak eksklusif para member akan berakhir pada musim gugur, tetapi mereka semua memilih untuk memperpanjang dan menandatangani kontrak terlebih dahulu.

Selain itu, TWICE juga dikenal kerap menggunakan platform mereka untuk berbuat kebaikan. Para member TWICE kerap dilaporkan memberikan donasi pribadi untuk kepentingan publik. Jeongyeon dan kakaknya dilaporkan telah menyumbang bantuan senilai 53 ribu won atau setara Rp 589,76 juta ke tempat penampungan hewan. Kakak beradik cantik tersebut juga sempat menjadi sukarelawan di penampungan Hewan Anseung meski memiliki jadwal padat sebagai entertainer.

Sementara itu, Nayeon dilaporkan mendonasikan 50 juta won atau setara Rp 556,3 juta untuk mendukung pengobatan dan mencegah penyebaran virus COVID-19. Tzuyu juga menyumbangkan donasi sebesar 50 juta won Community Chest of Korea untuk mendukung upaya Korea Selatan memerangi virus COVID-19. Begitu pula Dahyun yang juga menyumbangkan 50 juta won.

Perjalanan TWICE untuk bisa debut hingga akhirnya memperoleh kesuksesan memang tidaklah mudah. Namun kegigihan telah membuat mereka berhasil menorehkan prestasi sebagai salah satu girl group K-Pop terbesar saat ini.

Diskografi dan Tur

Mini Album:

  1. "The Story Begins" (2015)
  2. "Page Two" (2016)
  3. "TWICEcoaster : LANE 1" (2016)
  4. "TWICEcoaster : LANE 2" (repackage album) (2017)
  5. "Signal" (2017)
  6. "What is Love?" (2018)
  7. "Summer Nights" (repackage album) (2018)
  8. "YES or YES" (2018)
  9. "The Year of YES" (2018)
  10. "Fancy You" (2019)
  11. "Feel Special" (2019)
  12. "MORE & MORE" (2020)
  13. "Taste of Love" (2021)
  14. "BETWEEN 1&2" (2022)

Studio Album:

  1. "twicetagram" (2017)
  2. "Merry & Happy" (repackage album) (2017)
  3. "Eyes Wide Open" (2020)
  4. "Formula of Love: O+T=<3" (2021)

Digital Single:

  1. "CRY FOR ME" (2020)
  2. "The Feels" (2021)

Dokumenter:

  1. "Twiceland" (2018)
  2. "Twice: Seize the Light" (2020)

Penghargaan

APAN Music Awards

  1. 2020: Represent Record of the Year, Bonsang

Asia Artist Awards

  1. 2016: Best Artist – Singer
  2. 2018: Best Artist – Singer, Artist of the Year – Music, Fabulous Award – Singer
  3. 2019: Daesang – Artist of the Year, Best Social Artist – Singer
  4. 2020: Daesang – Artist of the Year, Popularity Award – Singer
  5. 2021: RET Popularity Award – Singer

Genie Music Awards

  1. 2018: The Best-Selling Artist, The Female Group, Best Global Performance
  2. 2019: Best-Selling Artist, The Female Group

Golden Disc Awards

  1. 2016: Rookie Awards
  2. 2017: Digital Song of the Year, Digital Bonsang
  3. 2018: Disc Bonsang, Digital Bonsang
  4. 2019: Disc Bonsang, Digital Bonsang
  5. 2020: Disc Bonsang, Digital Bonsang, Cosmopolitan Artist Award
  6. 2021: Disc Bonsang

Japan Record Awards

  1. 2018: Excellent Work Award

Korea Popular Music Awards

  1. 2018: Song of the Year, Bonsang

Korean Pop Culture and Arts Awards

  1. 2017: Minister of Culture, Sports and Tourism Commendation

Mnet Asia Music Awards

  1. 2015: Best New Female Artist
  2. 2016: Song of the Year, Best Female Group
  3. 2017: Best Dance Performance Female Group, Song of the Year
  4. 2018: Best Dance Performance Female Group, Best Female Group, Song of the Year, Favorite Female Dance Artist, Worldwide Fans’ Choice Top 10
  5. 2019: Best Female Group, Favorite Female Artist, Best Dance Performance Female Group, Worldwide Fans’ Choice Top 10
  6. 2020: The Most Popular Artist, Worldwide Fans’ Choice Top 10
  7. 2021: Worldwide Fans’ Choice Top 10, Best Group (Female)

Melon Music Awards

  1. 2016: Top 10 Artists, Song of the Year
  2. 2017: Top 10 Artists, Best Dance (Female)
  3. 2018: Top 10 Artists

Seoul Music Awards

  1. 2017: Bonsang, Best Female Dance Performance Award, Best Digital Song Award
  2. 2018: Bonsang
  3. 2019: Bonsang
  4. 2020: Bonsang
  5. 2021: Bonsang

Shorty Awards

  1. 2020: Best in Music

Soribada Best K-Music Awards

  1. 2017: Bonsang, Digital Daesang
  2. 2018: Bonsang, Digital Daesang
  3. 2019: Bonsang, Popularity Award (Female), Music of the Year
  4. 2020: Favorite Female Bias Award, Bonsang, Artist of the Year

Trivia

  1. TWICE terbentuk lewat survival reality show bertajuk "Sixteen" yang tayang 2015
  2. Pendiri JYP Entertainment, Park Jin Young, sempat menjelaskan makna nama TWICE. Ia ingin grup tersebut menyentuh hati orang dua kali (twice) – sekali dengan mata mereka dan satu lagi dengan telinga mereka
  3. Awalnya, TWICE akan debut hanya dengan 7 member
  4. Momo dan Tzuyu ditambahkan sebagai member TWICE setelah di episode terakhir "Sixteen"
  5. Nayeon, Jihyo, Jeongyeon dan Sana sedianya akan didebutkan dalam grup lain bernama 6MIX, namun rencana itu akhirnya batal
  6. Penggemar TWICE disebut sebagai ONCE
  7. Makna menggemaskan di balik nama ONCE: jika penggemar mencintai grup ini sekali saja (once), para member akan membalas mereka dengan "dua kali (twice)" cinta mereka!
  8. Sebelum debut, hampir semua member TWICE pernah muncul sebagai figuran di video musik artis JYP Entertainment lain seperti GOT7 hingga Miss A
  9. Jadi girl group pertama yang memperoleh total 100 PAK (Perfect All-Kill)
  10. Jadi girl group K-Pop pertama yang sukses menggelar Dome Tour di Jepang
  11. Jadi girl group pertama yang memenangkan piala Song of the Year di Mnet Asia Music Awards selama tiga tahun berturut-turut
  12. Jihyo menjadi trainee di JYP Entertainment selama 10 tahun
  13. Nayeon sudah pernah dicasting JYP Entertainment saat ia memenangkan kontes modeling di masa kecil, namun tidak diizinkan oleh sang ibu. 10 tahun kemudian, Nayeon mengikuti audisi JYP Entertainment dan akhirnya diterima sebagai trainee
  14. Jeongyeon adalah adik kandung aktris cantik Gong Seung Yeon
  15. Momo dan kakaknya yang bernama Hana sama-sama mengikuti audisi JYP Entertainment, namun sayangnya hanya Momo yang dinyatakan lolos
  16. Sana satu-satunya member TWICE yang merupakan anak tunggal di keluarganya
  17. Mina telah mempelajari balet selama 11 tahun sebelum debut bersama TWICE
  18. Berkat kulitnya yang putih, Dahyun mendapat julukan dubu (tahu)
  19. Beda dari orang kebanyakan, minum kopi membuat Chaeyoung malah bisa tidur nyenyak bukannya terjaga
  20. Meski usianya paling muda, Tzuyu memiliki badan yang paling tinggi di grup