TXT Profile
TXT Profile Photo

TXT

Profesi
Grup vokal pria
Nama Asli
Tomorrow X Together
Tgl Lahir
Feb 8, 2023
Lahir di
Seoul, Korea Selatan
Profesi
Grup vokal pria
Populer
Debut membernya (2019)
Tempat Lahir
Seoul, Korea Selatan
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Populer Sejak
Debut membernya (2019)

Tomorrow X Together atau yang biasa disingkat TXT merupakan boy group K-Pop asuhan Big Hit Entertainment. Grup ini digawangi oleh lima member, yakni Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun, dan Huening Kai. TXT debut pada 4 Maret 2019.

Adapun rencana debut TXT sebagai boy group kedua Big Hit Entertainment setelah BTS telah diumumkan sejak tahun 2017. Para member TXT satu per satu mulai diperkenalkan ke publik sejak 10 Januari 2019. Pada 4 Maret 2019, TXT resmi debut lewat mini album "The Dream Chapter: STAR" dengan single utama bertajuk "CROWN".

Begitu debut, TXT langsung mendapatkan kesuksesan luar biasa. Hanya dalam waktu 24 jam, MV "CROWN" telah ditonton sebanyak 15,1 juta kali. Kala itu, "CROWN" berhasil memecahkan rekor sebagai MV debut boy group K-Pop yang paling banyak ditonton dalam 24 jam. Single tersebut bahkan debut di posisi puncak tangga lagu Billboard World Digital Songs Chart.

TXT pertama kali tampil di acara musik dalam "M! Countdown" pada 7 Maret 2019 dengan membawakan lagu "CROWN". Hanya dalam waktu satu minggu setelah debut, TXT berhasil meraih kemenangan acara musik pertama mereka di "The Show" SBS.

Tak lama setelah debut, TXT mengumumkan debut showcase pertama mereka di Amerika Serikat. Pada 9 April 2019, sekitar sebulan setelah TXT debut, Big Hit Entertainment mengumumkan debut showcase bertajuk "Tomorrow x Together Showcase: Star in US". Debut showcase tersebut digelar di enam kota selama dua minggu, mulai 9 sampai 24 Mei 2019.

Pada 8 Agustus 2019, pihak agensi menyampaikan penundaan rencana comeback pertama TXT karena masalah kesehatan para member. Soobin dikabarkan menderita sakit mata yang menular. Sedangkan Yeonjun juga harus memulihkan diri dari sakit punggung. Comeback yang seharusnya dijadwalkan pada bulan Agustus harus diundur ke bulan Oktober. Selain itu, masalah kesehatan para member juga membuat TXT batal tampil di "LOTTE DUTY FREE FAMILY CONCERT" pada 11 Agustus 2019.

TXT akhirnya comeback lewat studio album perdana mereka, "The Dream Chapter: Magic", pada 21 Oktober 2019. Single utamanya yang bertajuk "Run Away" masuk dalam jajaran 25 Lagu K-Pop Terbaik Tahun 2019 versi Billboard dan 20 Lagu K-Pop Terbaik Tahun 2019 versi Dazed.

Dengan kesuksesan besar di tahun pertamanya, TXT diganjar banyak penghargaan pendatang baru terbaik. Di antaranya Rookie of the Year dari Asia Artist Awards 2019, Best New Male Artist dari Genie Music Awards 2019, Best New Male Artist dari Mnet Asia Music Awards 2019, Rookie of the Year dari Melon Music Awards 2019, hingga Rookie Award dari Soribada Best K-Music Awards 2019.

Seperti banyak grup K-Pop lainnya, TXT juga melakukan promosi dan debut di Jepang. TXT merilis single album Jepang perdananya yang bertajuk "Magic Hour" pada 15 Januari 2020. Single album tersebut berisi versi bahasa Jepang dari tiga lagu mereka, "Run Away", "CROWN", dan "Angel or Devil".

Melanjutkan momentumnya, TXT merilis mini album kedua yang bertajuk "The Dream Chapter: Eternity" pada 18 Mei 2020. Di pekan pertama, mini album tersebut sudah terjual sebanyai 181 ribu kopi. "The Dream Chapter: Eternity" juga debut di posisi pertama dalam Weekly Album Chart Oricon Jepang. Pada Juli 2020, mini album tersebut menerima sertifikasi Platinum dari Korea Music Content Association (KMCA).

Masih di tahun 2020, TXT comeback dengan mini album "Minisode1: Blue Hour" yang terjual sebanyak 300 ribu kopi di pekan pertama. Mini album tersebut debut di posisi 25 dalam tangga lagu Billboard 200 dan nomor 1 di Oricon Albums Chart. Selain itu, TXT juga merilis single "Your Light" sebagai soundtrack drama "Live On" dimana Yeonjun sempat muncul sebagai cameo.

Pada 31 Mei 2021, TXT merilis studio album keduanya yang bertajuk "The Chaos Chapter: Freeze" dengan single utama "0X1=Lovesong (I Know I Love You)". Studio album kedua TXT berhasil menembus 10 besar Billboard 200 di posisi ke-5. "The Chaos Chapter: Freeze" juga berhasil mendapat sertifikasi Gold dari Recording Industry Association of Japan (RIAJ) pada Juli 2021, dan menjadi rilis Korea pertama TXT yang mendapat sertifikasi dari Jepang. Versi repackage bertajuk "The Chaos Chapter: Fight or Escape" dengan single utama "Loser=Lover" kemudian dirilis pada 17 Agustus 2021.

Di tahun 2022, TXT merilis mini album keempat yang bertajuk "Minisode 2: Thursday’s Child" dengan single utama "Good Boy Gone Bad". Di tahun yang sama, TXT menggelar tur dunia pertama mereka yang bertajuk "ACT: LOVE SICK". Tur duni TXT dimulai di Seoul pada 2 Juli 2022. Setelah itu, mereka mengunjungi sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Thailand, hingga Filipina. TXT juga tampil di Jakarta pada 12 Oktober 2022.

Di sela-sela turnya, TXT sempat mengisi festival musik "Lollapalooza" pada 30 Juli 2022. Mereka menjadi grup K-Pop pertama yang tampil di festival musik tersebut. Penampilan TXT di "Lollapalooza" turut disiarkan secara langsung melalui Weverse.

Dengan popularitasnya yang kian meningkat, TXT mengumumkan tur dunia kedua mereka yang bertajuk "ACT: SWEET MIRAGE" pada 16 Januari 2023. Tur dunia kedua TXT dijadwalkan berlangsung mulai 25 Maret 2023. Selain itu, TXT juga merilis mini album kelima bertajuk "The Name Chapter: TEMPTATION" dengan single utama "Sugar Rush Ride" pada 27 Januari 2023.

Sementara itu, TXT dikenal sebagai salah satu grup K-Pop yang jarang terseret kontroversi. Meski demikian, nama fandom TXT di awal debut sempat menimbulkan perdebatan hingga agensi memutuskan untuk menggantinya. Awalnya, TXT mengumumkan nama fandom "YOUNG ONE" pada 25 April 2019. Para member dengan suara bulat memilih nama tersebut dari banyak saran yang diajukan oleh penggemar.

Namun, nama tersebut sangat mirip dengan nama fandom Tiffany Girls’ Generation, Young Ones. Diketahui, Tiffany kala itu sedang berpromosi solo di Amerika Serikat di bawah nama panggung Tiffany Young. Pada akhirnya, agensi memutuskan untuk mengubah nama fandom TXT menjadi MOA.

"Setelah nama fandom resmi TXT diumumkan pada 25 April, kami menyadari bahwa nama tersebut saat ini digunakan oleh fandom dan klub penggemar artis lain. Dalam proses penentuan nama klub penggemar resmi, kemiripan dengan nama klub penggemar atau fandom yang sudah ada sebelumnya tidak sepenuhnya dikroscek," demikian pernyataan agensi pada 6 Mei 2019. "Kami meminta maaf kepada semua penggemar yang sabar dan siapa pun yang mungkin tersinggung dengan pengumuman tersebut. Saat ini, kami telah memutuskan untuk merevisi nama klub penggemar resmi TXT."

Selain soal nama fandom, pernyataan Taehyun TXT juga sempat menimbulkan perdebatan di media sosial. Kala melakukan live streaming pada 2021, Taehyun sempat mengatakan bahwa kebahagiannya berhubungan dengan angka penjualan album. Pernyataannya tersebut kemudian diunggah oleh netizen ke forum K-Pop hingga mendapat banyak sorotan.

"Ya, kebahagiaan kami… berhubungan langsung dengan angka penjualan album. Saya ingin lebih bahagia. Maaf, tetapi Anda tidak akan bisa tidak membantu selain membeli [album] begitu isinya dirilis satu per satu," demikian pernyataan Taehyun saat itu.

Netizen yang membagikan pernyataan Taehyun tersebut juga menulis, "Taehyun-ah.. Saya rasa kamu tidak melihat hasil penjualan album dari grup rookie lainnya, mungkin itu sebabnya kamu menjadi penuh dengan dirimu sendiri."

Pernyataan tersebut langsung menimbulkan pro-kontra. Beberapa netizen menganggap Taehyun hanya melihat penggemarnya sebagai mesin ATM dengan meminta mereka membeli lebih banyak album. Namun para penggemar memberikan pembelaan dengan mengatakan bahwa Taehyun kala itu hanya sedang bercanda.

Terlepas dari pro-kontra yang sempat mereka timbulkan, para member TXT selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk penggemar mereka. Dalam comeback terbarunya, TXT menunjukkan keindahan alam Indonesia lewat MV "Sugar Rush Ride". Diketahui, syuting MV tersebut dilakukan di beberapa tempat di Bali. Para member sempat memuji keindahan lokasi syuting mereka di Pulau Dewata.

"Aku baru tahu ada tempat secantik itu di Bumi. MOA juga cantik. Yang di sini juga cantik, tapi aku sedang membicarakan tempat," beber Yeonjun dalam sesi wawancara comeback showcase-nya. "Aku ingat pada saat itu. Setelah syuting di Bali, kami pergi main air. Aku ingat saat-saat itu. Kami banyak tertawa saat itu."

Diskografi dan Tur

Digital Single

  1. "Free Falling" (2022)
  2. "PS5" (bersama salem ilese dan Alan Walker) (2022)
  3. "Valley of Lies" (2022)

Mini Album

  1. "The Dream Chapter: STAR" (2019)
  2. "The Dream Chapter: ETERNITY" (2020)
  3. "Minisode1: Blue Hour" (2020)
  4. "Chaotic Wonderland" (Album Jepang) (2021)
  5. "Minisode2: Thursday's Child" (2022)
  6. "The Name Chapter: TEMPTATION" (2023)

Single Album

  1. "Magic Hour" (Album Jepang) (2020)

Soundtrack

  1. "Your Live" – "Live On" OST (2020)
  2. "Love Sight" – "Doom At Your Service" (2021)
  3. "Eyes" – "Armored Saurus" (2021)

Studio Album

  1. "The Dream Chapter: MAGIC" (2019)
  2. "Still Dreaming" (Album Jepang) (2021)
  3. "The Chaos Chapter: FREEZE" (2021)
  4. "The Chaos Chapter: Fight or Escape" (repackage album) (2021)

Tur

  1. "ACT: LOVE SICK" (2022)
  2. "ACT: SWEET MIRAGE" (2023)

Filmografi

Reality Show

  1. "ONE DREAM.TXT" (2019)
  2. "TALK X TODAY" (2019)
  3. "Weekly TXT" (2020)

Variety Show

  1. "TO DO" (2020)

Penghargaan

Asia Artist Awards

  1. 2019: Rookie of the Year

BandLab NME Awards

  1. 2022: Hero of the Year

Brand of the Year Awards

  1. 2019: Male Rookie Idol of the Year
  2. 2021: Rising Star Male Idol

Circle Chart Music Awards

  1. 2020: New Artist of the Year (Album)

Genie Music Awards

  1. 2019: Best New Male Artist

Golden Disc Awards

  1. 2020: Rookie Artist of the Year
  2. 2021: Album Bonsang

Japan Gold Disc Awards

  1. 2021: New Artist of the Year (Asia), Best 3 New Artist (Asia)

KBS Entertainment Awards

  1. 2021: Best Online Content Award

Mnet Asia Music Awards

  1. 2019: Best New Male Artist, Worldwide Fans’ Choice Top 10
  2. 2020: Worldwide Fans’ Choice Top 10, Favorite Dance Performance (Group)
  3. 2021: Worldwide Fans’ Choice Top 10
  4. 2022: Worldwide Fans’ Choice Top 10

Melon Music Awards

  1. 2019: Rookie of the Year
  2. 2021: Music Video of the Year
  3. 2022: Best Performance (Male)

MTV Europe Music Awards

  1. 2022: Best Asia Act

Seoul Music Awards

  1. 2020: New Artist Award
  2. 2021: Bonsang

Soribada Best K-Music Awards

  1. 2019: Rookie Award
  2. 2020: New K-Wave Artist Award

The Fact Music Awards

  1. 2019: Next Leader Award
  2. 2020: Best Performer
  3. 2021: Bonsang
  4. 2022: Bonsang

V Live Awards

  1. 2019: Global Rookie Top 5

Trivia

  1. Nama Tomorrow X Together dibaca sebagai "Tomorrow by Together"
  2. Nama Tomorrow X Together memiliki makna semuanya bersatu dalam satu mimpi dengan harapan membangun hari esok yang baru
  3. Fandom TXT disebut sebagai MOA yang memiliki kepanjangan "Moments of Alwaysness"
  4. Masuk dalam jajaran Men of the Year 2021 versi GQ Japan di kategori Pop Icons
  5. Jadi boy group K-Pop pertama yang masuk dalam Song Breaker Chart Billboard
  6. Syuting MV "Sugar Rush Ride" TXT dilakukan di Bali, Indonesia
  7. Rata-rata tinggi badan para member TXT mencapai 181,5 cm
  8. Jadi grup K-Pop tercepat yang tembus di chart Billboard 200, hanya kurang dari sepekan pasca debut
  9. Yeonjun dijuluki sebagai trainee legendaris Big Hit yang pintar dance, rap, dan menyanyi
  10. Yeonjun sempat tinggal di California selama 2 tahun
  11. Soobin sangat menyukai seniornya, Jin BTS
  12. Soobin berteman dekat dengan member The Boyz, Q
  13. Beomgyu awalnya ingin menjadi anggota band, bukan boy group
  14. Standar kebahagiaan Beomgyu adalah kebebasan
  15. Taehyun menerima tawaran dari 20 agensi hiburan yang ingin merekrutnya menjadi trainee
  16. Taehyun memilih riuh penggemar Indonesia sebagai momen paling mengesankan di tur dunia pertama TXT
  17. Huening Kai mempunyai adik yang juga seorang idol K-Pop, yakni Huening Bahiyyih Kep1er
  18. Huening Kai jadi idol asing pertama yang debut di bawah Big Hit Entertainment