Wali Kota Klaim Penggabungan Depok ke Jakarta Miliki Banyak Keuntungan: Misalnya Dalam Perekonomian
Commons Wikimedia/Salmiah La Suma
Nasional

Sebelumnya, Wali Kota Depok mengusulkan untuk menggabungkan Bodetabek ke Jakata. Kini, ia pun mengklaim bila hal ini terealisasikan bisa menimbulkan banyak keuntungan.

WowKeren - Wali Kota Depok, Mohammad Idris sebelumnya diketahui sempat mengusulkan agar Depok, Bekasi, Tangerang, dan Bogor digabungkan dengan Ibu Kota menjadi Jakarta Raya. Menurutnya, apabila hal ini direalisasikan maka bisa membantu permasalahan yang ada di daerah penyangga Ibu Kota bisa mudah terselesaikan.

Kini Idris mengklaim bahwa penggabungan Kota Depok ke Jakarta itu memiliki banyak keuntungan. Di antaranya adalah dalam bidang ekonomi hingga penanganan banjir dan sampah yang menjadi "PR" Kota Depok.

"Banyak sekali benefitnya, misalnya dalam perekonomian," ujar Idris dalam keterangannya, dilihat dari Liputan6.com, Jumat (15/7). Ia kemudian memberikan gambaran apabila Kota Depok bergabung dengan Jakarta.

Menurut Idris, satu komando yang digambarkan pada perspektif otonomi daerah adalah warga hanya memilih Gubernur dan tidak perlu lagi pemilihan kepala daerah. Sehingga dinilai menjadi lebih efisien.

Idris lantas menyinggung seperti yang telah terjadi pada wilayah yang sudah berjalan yakni Jakarta Timur, Jakarta Selatan, hingga Pulau Seribu. Maka dari itu, apabila Kota Depok bergabung dengan Jakarta, maka hal yang sama juga akan diberlakukan.


Lebih lanjut, Idris menerangkan apabila kepemimpinan suatu daerah dilakukan dengan satu komando, maka bisa memudahkan dalam pengaturan lantaran hanya ada satu arahan dan satu sistem. Maka, menurut Idris pun untuk merealisasikan suatu program penanganan sebuah daerah terbilang menjadi lebih mudah.

Misalnya dalam proses hibah antar wilayah penanganan banjir. Idris menilai hal ini tidak mudah untuk dilalui. Selain itu, ia juga menilai bahwa penanganan sebuah wilayah dengan berbeda kepemimpinan itu bisa menimbulkan sebuah permasalahan baru.

Dalam hal itu di antaranya adalah selama ini, Jakarta membuang sampah ke Bekasi. "Wajar lah Wali Kota Bekasi yang punya tanah mengatakan masyarakatnya terganggu dengan sampah orang Jakarta," tutur Idris.

Adapun keuntungan perekonomian selanjutnya dari penggabungan Kota Depok ke Jakarta lainnya adalah bisa meningkatkan dari sisi kesejahteraan dan pemberdayaan lantaran saling menopang satu sama lain. Menurut Idris, dengan jumlah penduduk kota Depok yang mayoritas berusia muda itu bisa dimanfaatkan dalam pemberdayaan.

"Misalnya dalam hal pembangunan perekonomian, kita jadikan di Depok untuk wilayah pembangunan pemukiman, sedangkan Jakarta menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan perekonomian," tandas Idris.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait