Dituding Plagiat, Lee Mujin Bantah Lagu 'Traffic Light' Jiplak Musisi Jepang
Instagram/morilla_lmj
Musik

Secara terbuka, Lee Mujin dituding melakukan plagiat atas karya musiknya 'Traffic Light' yang dirilis pada Mei 2021 lalu. Atas hal ini, pihak agensi menanggapi dan membantahnya.

WowKeren - Plagiat karya musik biasanya dapat dinilai dari bagaimana tingkat kemiripan not balok serta banyak pertimbangan lainnya. Tampaknya, lagu baru dari Lee Mujin terdengar memiliki kemiripan sehingga ia dinilai melakukan plagiat dari musisi Jepang.

Pada Rabu (20/7), agensi Lee Mujin, BPM Entertainment mengeluarkan pernyataan resmi perkara plagiat lagu dari "Traffic Light" milik artisnya itu. Pihak agensi menyatakan bahwa lagu Lee Mujin tersebut tidak ada indikasi plagiat sama sekali.

"Lagu 'Traffic Light' adalah lagu yang dibuat berdasarkan emosi yang dialami oleh artis itu sendiri. Itu tidak ada hubungannya dengan komposisi, melodi, dan akord lagu lain," ungkap agensi menyangkal tuduhan plagiarisme.

"Kami merasa menyesal telah menimbulkan kecurigaan tentang musik yang dibuat melalui banyak pemikiran dan upaya artis kami. Oleh karena itu, kami dengan tulus meminta publik untuk menahan diri dari menyebarkan rumor yang belum dikonfirmasi dan laporan spekulatif yang tidak berdasar. Untuk melindungi hak dan kepentingan artis kami Lee Mu-jin, kami akan terus memantau dan menanggapi dengan tegas penyebaran informasi palsu," ujar pihak agensi.


Tudingan plagiat ini mulai muncul di komunitas online bahwa lagu yang ditulis dan digubah oleh Lee Mujin sendiri terdengar sangat mirip dengan lagu "Dragon Night" penyanyi Jepang Sekai no Owari. Tuduhan ini dibuktikan dengan ketika lagu Lee Mujin "Traffic Light" dan "Dragon Night" dibandingkan.

Sebuah video YouTube yang membandingkan kedua lagu tersebut semakin memicu kecurigaan plagiarisme. Namun, agensi Lee Mujin pun membantahnya dengan keras.

Sementara itu, "Traffic Light" merupakan lagu terbaru Lee Mujin di tahun 2021. Lagu ini dirilis persisnya pada 14 Mei sedangkan lagu "Dragon Night" milik Sekai no Owari dirilis pada tahun 2014.

Terlepas dari itu, pihak agensi Lee Mujin dengan tegas bahwa artisnya akan memberikan sanksi terhadap orang yang menggiring rumor plagiat. Mengingat ini akan memengaruhi nama baik artis tersebut.

(wk/taki)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait