Ogah Jadi Orangtua Otoriter, Zaskia Mecca Ajarkan Sikap Ini ke Sang Putri yang Baru Masuk SMP
Instagram/zaskiadyamecca
Selebriti

Zaskia Adya Mecca ceritakan keputusannya yang membiarkan putri sulung belajar sikap ini usai menduduki bangku SMP, hingga beber caranya saat sang buah hati nyaris ‘angkat tangan’.

WowKeren - Zaskia Adya Mecca selalu memiliki beragam cerita menarik yang disampaikannya kepada publik lewat unggahan-unggahan di media sosial. Selalu ada hal baru dibagikan istri Hanung Bramantyo ini, baik yang berisi kejadian lucu maupun momen penuh pembalajaran.

Seperti baru-baru ini, Zaskia Adya Mecca kembali menuliskan sebuah momen yang cukup istimewa tepatnya usai sang putri sulung yakni Kana Sybillla atau yang akrab disapa Sybil mulai memasuki bangku Sekolah Menengah Pertama atau SMP. Pada saat ini, Zaskia Mecca pun memutuskan untuk membiarkan Sybil belajar hal baru.

Mulanya Zaskia Mecca membeberkan sifat-sifat putrinya tersebut yang mudah panik dan gelisah. Kali ini ia pun akan mengajarkan Sybil untuk membuat pilihan dan keputusannya sendiri. Tentu bukan perkara yang mudah bagi wanita yang akrab disapa Bia ini.

Si kakak yang baru masuk SMP dan banyak gelisah mau a-b-c.. Udah mulai dihadapkan dengan pilihan2, jadi belajar ambil keputusan sendiri dan harus siap dengan segala resikonya,” jelas Zaskia Adya Mecca mengawali di Instagram, Jumat (22/7).

Benar saja, Sybil pun nyaris “angkat tangan” alias menyerah dan meminta sang ibu memutuskan untuknya. Namun Zaskia Mecca tak luluh dan memilih memberikan pengertian lebih jauh kepada putri sulungnya tersebut.


Aku cuma kasi pemikiran kalau a bakal gimana, b kemungkinannya seperti apa, juga c berpotensi apa.. Si anak panikan, berujung dia bilang ‘please Bia aja yang nentuinnn.. aku ikut Biaa’. Dan nope! Ku akan minta dia tetap memilih, krn hidup soal pilihan.. sampai dewasa nanti dia akan sering dihadapkan dengan pilihan hampir di setiap keputusan… Biar belajar dari sekarang untuk bersikap,” paparnya bercerita.

Zaskia Adya Mecca lantas menjelaskan tujuan lainnya mengajarkan sikap tersebut kepada sang putri. Selain ogah menjadi sosok orangtua yang otoriter, wanita yang akrab disapa Bia ini ingin sang putri belajar juga sikap bertanggung jawab atas pilihan yang ia buat. Tentu saja dengan harapan besar jika sikap ini akan dibawa Sybil hingga tumbuh besar nantinya.

Ku jadi orang tua ga mau otoriter,ga mau selalu nentuin banyak hal buat anak dengan alasan ‘masih kecil, belum ngerti, atau saya lbh tau mana yang baik buat dia’ karna kalau dia terbiasa mengambil keputusan dan bertanggung jawab dengan keputusan yang dia ambil, insyaa Allah ketika dewasa dia akan jadi pribadi yang matang, PD dan selalu siap menghadapi masalah2,” sambungnya. “Ya kita ga tau kan bisa dampingin anak terus sampai kapan. harus selalu menyiapkan mereka untuk mandiri… Bismillah ya kak!” pungkas Zaskia Adya Mecca.

Cerita Zaskia Adya Mecca lagi-lagi berhasil membuat publik kagum akan cara didiknya kepada anak-anak. Ketegasan yang ditunjukkannya saat sang putri nyaris menyerah menuai acungan jempol. Warganet pun kembali ramai memuji istri Hanung ini karena ceritanya yang dinilai panutan.

(wk/sept)

You can share this post!

Artikel Terkait