Kemampuan Performance Shuhua (G)I-DLE Tuai Kritik
Instagram/yeh.shaa_
Musik

Sepanjang waktunya dengan (G)I-DLE, Shuhua terus-menerus terlibat dalam kontroversi mengenai kemampuannya. Ia hampir tidak mendapatkan lirik lagu dalam lagu (G)I-DLE.

WowKeren - Netizen selalu memuji (G)I-DLE sebagai girl group berbakat, kecuali satu member. Meskipun mendapat banyak pujian untuk visualnya yang luar biasa, Shuhua sering mendapat kritik karena kurangnya kemampuan. Bahkan banyak netizen yang mempertanyakan alasan kenapa Shuhua bisa debut.

Sepanjang waktunya dengan (G)I-DLE, Shuhua terus-menerus terlibat dalam kontroversi mengenai kemampuannya. Secara khusus, idol tersebut hampir tidak mendapatkan lirik lagu dalam lagu (G)I-DLE, dan sering diberi bagian yang tidak berarti, yang menarik perhatian.

Sementara penggemar Shuhua membela idol tersebut, mengatakan bahwa Cube memperlakukannya dengan buruk, banyak netizen akan menjelaskan bahwa Shuhua "tidak cukup berbakat untuk menyanyikan bagian yang lebih menantang".

Dalam lagu utama (G)I-DLE, bagian menyanyi Shuhua sangat sedikit, dan dalam beberapa kasus, yang dia nyanyikan hanyalah "la la la" yang berulang-ulang. Total waktu bernyanyi Shuhua terkadang tidak melebihi 10 detik.


Sejak debutnya pada tahun 2018, netizen tidak menemukan peningkatan nyata dalam ekspresi wajah maupun kemampuan vokal Shuhua. Selain itu, mereka juga mengkritik kemampuan bahasa sang idol, mengatakan bahwa Shuhua lebih buruk dalam bahasa Korea daripada Yuqi, sesama member non-Korea.

Selain penampilan (G)I-DLE, Shuhua juga mendapat kemarahan netizen setelah tampil di panggung spesial KBS Gayo Daechukje 2020. Di sini, dia membawakan lagu "I Don't Know" milik A Pink dengan maknae girl grup K-pop lainnya. Namun, sementara maknae yang lain dipuji karena visual dan penampilan panggung mereka, Shuhua dihujani keluhan karena membuat kesalahan terus-menerus di atas panggung.

Hal serupa juga terjadi di "Yoo Hee Yeol's Sketchbook", acara musik Korea yang terkenal karena berfokus pada kemampuan vokal para tamunya, di mana penyanyi diharuskan bernyanyi dengan band live dan tanpa backtrack. (G)I-DLE menampilkan lagu "Latata" dan "DUMDi DUMDi" secara live, semua member kecuali Shuhua menerima banyak pujian.

"Aku tidak bermaksud membenci di sini, tapi aku benar-benar tidak mengerti kenapa Cube memilihnya daripada Chowon," komentar netizen. "Aku tahu Shuhua masih bekerja keras, tapi lebih baik bagi penggemarnya untuk berhenti membelanya. Shuhua jelas membutuhkan lebih banyak latihan, tapi Cube membiarkannya debut terlalu cepat. Dan apakah dia bernyanyi dalam bahasa Korea atau Mandarin, suaranya terdengar sama buruknya, jadi itu bukan karena pengucapannya. Bahkan dia bukan pemula lagi," kata netizen lainnya.

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts