Komnas HAM Panggil Tim Forensik Polri, Kapolda Jambi Cek Langsung Persiapan Autopsi Ulang Brigadir J
Nasional

Komnas HAM memanggil tim forensik Polri terkait dengan hasil autopsi terhadap jenazah Brigadir J. Sementara itu, Kapolda Jambi memeriksa persiapan autopsi ulang Brigadir J.

WowKeren - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sebelumnya memang turut turun tangan dalam menyelidiki kasus baku tembak yang menewaskan Brigadir J. Kini, diketahui bahwa pihak Komnas HAM akan memanggil Tim Forensik Polri guna menjelaskan hasil autopsi pertama yang dilakukan terhadap jenazah Brigadir J.

Choirul Anam selaku Komisioner Komnas HAM menyampaikan bahwa Tim Forensik Polri akan dipanggil pada Senin (25/7) hari ini. "Ya (memanggil Tim Forensik Polri untuk menjelaskan autopsi pertama Brigadir J), mulai jam 18.30 WIB, ujar Anam kepada IDN Times, Minggu (24/7).

Menanggapi panggilan dari Komnas HAM, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa kedokteran forensik Polri akan memenuhi undangan tersebut. Dedi menuturkan pemenuhan undangan Komnas HAM itu merupakan bentuk keterbukaan Polri dalam penyidikan kasus tewasnya Brigadir J.

Dedi mengungkapkan bahwa nantinya pemaparan hasil autopsi akan disaksikan oleh pihak eksternal yakni Perhimpunan Kedokteran Forensik Indonesia. Termasuk juga dengan pihak pengacara apabila memang diundang oleh Komnas HAM pun dipersilakan hadir.

"Biar betul-betul hasil autopsi ini clear (jelas), dan mengurangi stigma-stigma yang beredar di masyarakat," ujar Dedi dalam keterangannya, dilihat Senin (25/7).


Dengan begitu, Dedi berharap agar penjelasan Polri mengenai hasil autopsi Brigadir J bisa menjawab kejanggalan-kejanggalan yang masih menjadi tanda tanya di masyarakat. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah seperti adanya kekerasan, luka-luka yang diakibatkan oleh benda-benda lain.

"Karena itu, biar orang-orang expert (ahli) di bidangnya yang bisa menjelaskan secara ilmiah dan juga tentunya bisa dipertanggungjawabkan dari sisi hukumnya," beber Dedi.

Sementara itu, seperti yang diketahui, pihak keluarga Brigadir J ingin dilakukan ekshumasi atau autopsi ulang. Terkait hal ini, Kapolda Jambi Irjen A Rachmad Wibowo pun tampak meninjau langsung persiapan lokasi yang akan melakukan autopsi ulang yakni RSUD Sungai Bahar, Muaro Jambi pada Minggu (24/7).

"Saya sudah bertemu langsung dengan Kepala RSUD Sungai Bahar dan mengecek seluruh lokasi dan persiapan ruangan," tutur Rachmad Wibowo dalam keterangannya, dilihat melalui Medcom.id, Senin (25/7). "Sudah tersedia dengan baik, semoga pelaksanaan autopsi ulang pada Rabu, 27 Juli 2022 berjalan lancar."

Kunjungan Rachmad itu diketahui untuk memastikan semua kebutuhan autopsi ulang terhadap jenazah Brigadir J telah tersedia dengan baik. Kemudian juga untuk meninjau lokasi yang akan dilalui dan digunakan saat pengantaran jenazah.

Lebih lanjut, Rachmad minta agar personel pengamanan juga segera dipersiapkan, termasuk lokasi bagi pekerja media agar tidak menghalangi seluruh proses yang berjalan. Setelah mengecek persiapan autopsi ulang jenazah, ia dan rombongannya bersilahturahmi dan menghadiri doa bersama dengan keluarga Brigadir J.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait