Rishi Sunak Bersumpah Bakal Lebih Keras ke Tiongkok Jika Terpilih Jadi Perdana Menteri Inggris
Instagram/ rishisunakmp
Dunia

Adapun usulan Rishi Sunak juga meliputi penutupan semua 30 Institut Konfusius di Inggris, dan mencegah penyebaran kekuatan secara halus dari pengaruh Tiongkok.

WowKeren - Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak pada Minggu (24/7) berjanji untuk bersikap keras terhadap Tiongkok jika dia terpilih sebagai perdana menteri. Dia menyebut Tiongkok sebagai ancaman nomor satu, baik untuk keamanan domestik maupun global.

Adapun janji ini dia lontarkan setelah saingannya, Liz Truss, menuduhnya lemah di hadapan Tiongkok dan Rusia. Sebelumnya, media yang dikelola pemerintah Tiongkok Global Times menyebut jika Sunak adalah satu-satunya kandidat dalam kontes yang memiliki "pandangan yang jelas dan pragmatis tentang mengembangkan hubungan Inggris-Tiongkok".

Adapun usulan Sunak juga meliputi penutupan semua 30 Institut Konfusius di Inggris, dan mencegah penyebaran kekuatan secara halus dari pengaruh Tiongkok melalui program budaya dan bahasa. Dia juga akan mempelajari kasus pelarangan akuisisi aset utama Inggris oleh Tiongkok, termasuk perusahaan teknologi yang sensitif secara strategis.


Tak hanya itu, dalam janji-janjinya, Sunak juga mengatakan akan mengusir PKC (Partai Komunis China) dari universitas dengan memaksa lembaga pendidikan tinggi untuk mengungkapkan dana asing dan meninjau kemitraan penelitian. Agen mata-mata domestik Inggris MI5 juga akan dikerahkan untuk membantu memerangi spionase Tiongkok.

Sunak mengecam Tiongkok atas kebijakannya berupa strategi Inisiatif Sabuk dan Jalan yang menurutnya merugikan negara-negara berkembang karena membebani mereka dengan utang dalam jumlah besar. Sunak lebih jauh juga menyoroti kasus di Xinjiang dan Hong Kong.

"Mereka menyiksa, menahan, dan mengindoktrinasi rakyat mereka sendiri, termasuk di Xinjiang dan Hong Kong, yang bertentangan dengan hak asasi mereka," tegasnya. "Dan mereka terus-menerus mencurangi ekonomi global demi keuntungan mereka dengan menekan mata uang mereka."

"Cukup sudah. Sudah terlalu lama, politisi di Inggris dan di seluruh Barat telah menggelar karpet merah dan menutup mata terhadap aktivitas dan ambisi jahat Tiongkok," tegas Sunak. "Saya akan mengubah ini pada Hari 1 sebagai PM."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait