Pada 1 Oktober 2022, Layanan 'Live Shopping' Facebook Akan Dihentikan
pexels.com/Tobias Dziuba
Tekno

Para pengguna Facebook pasti tidak asing lagi dengan fitur 'Live Shopping'. Namun kini Facebook mengeluarkan pengumuman terkait fitur belanja langsung tersebut.

WowKeren - Salah satu platform digital besutan Meta yakni Faceebook akan menutup salah satu layanannya yakni "Live Shopping". Adapun fitur streaming langsung ini seperti QVC, yang memungkinkan pembuat konten menyiarkan dan menjual produk ke audiens atau penontonnya.

Akan tetapi, sangat disayangkan para pengguna Facebook sebentar lagi tidak akan bisa menikmati fitur belanja itu lagi. Pada 1 Oktober 2022 nanti, Facebook akan menutupnya secara resmi. Pihak Facebook pun mengatakan bahwa hal itu merupakan bagian dari inisiatif perusahaan untuk mengalihkan fokus ke Reels.

"Mulai 1 Oktober 2022, Anda tidak dapat lagi menyelenggarakan acara Belanja Langsung baru atau terjadwal di Facebook," tulis Facebook, dilansir pada Kamis (4/8).

Photo-INFO

Facebook


Meski begitu, Facebook mengatakan bahwa penggunanya masih bisa melakukan siaran langsung melalui fitur "Facebook Live". Hanya saja pada 1 Oktober itu nanti, pengguna sudah tidak bisa membuat daftar putar produk atau menandai produk di video Facebook Live.

Facebook kemudian menyebut hal tersebut dilakukan karena perilaku menonton konsumen dinilai telah beralih ke video bentuk pendek. "Kami mengalihkan fokus kami ke Reels di Facebook dan Instagram, produk video bentuk pendek Meta," jelas Facebook.

Lebih lanjut, Facebook menyatakan bila pengguna ingin menjangkau dan melibatkan orang melalui video, maka bisa mencoba bereksperimen dengan iklan Reel dan Reel di Facebook serta Instagram. Selain itu, pengguna juga bisa menandai produk pada Reels di Instagram untuk memungkinkan penemuan dan pertimbangan yang lebih dalam.

"Jika Anda memiliki toko dengan pembayaran dan ingin menyelenggarakan acara Belanja Langsung di Instagram, Anda dapat mengatur Belanja Langsung di Instagram," tutup Facebook. "Jika Anda ingin mempertahankan video live sebelumnya, Anda dapat mendownload video Anda di Halaman Anda atau di Creator Studio."

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait