Fitur NFT Instagram Rilis di Indonesia, Ghozali Everyday Harapkan Hal Ini
Pixabay
Nasional

Sebelumnya, fitur NFT di Instagram ini baru tersedia terbatas di beberapa negara bagian Amerika Serikat per bulan Mei 2022 lalu. Meta telah memperluas peluncuran NFT Instagram ke 100 negara pada 4 Agustus 2022 ini.

WowKeren - Instagram telah resmi merilis fitur non-fungible token alias NFT untuk pengguna Indonesia dan 99 negara lainnya. Fitur baru ini membuat para kreator dapat membagikan koleksi digital mereka ke Instagram.

Country Director untuk Meta di Indonesia, Pieter Lydian, menjelaskan bahwa fitur ini diharap bisa membuka peluang yang lebih besar bagi para kreator. Selain itu, fitur NFT Instagram juga diharapkan bisa mendukung peluang ekonomi untuk Indonesia.

"Kami berharap fitur ini bisa membuka peluang yang lebih besar lagi untuk para kreator memonetisasi kreativitas mereka di Instagram, serta mendukung peluang ekonomi yang akan diberikan oleh Metaverse untuk Indonesia," tulis Pieter dalam akun Instagram resminya, Jumat (5/8).

Untuk merayakan rilisnya fitur baru ini, kreator Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday membuat NFT selfienya yang khas dengan memegang logo Instagram. NFT selfie Ghozali itu lantas diunggah ke akun Instagram Pieter.

"Mulai hari ini, semua kreator di Indonesia bisa posting karya NFT dari dompet digital (seperti Metamask), langsung ke Instagram. Seperti NFT pertama yang saya upload hari ini, dibuat khusus oleh Ghozali Everyday untuk Instagram (Terima kasih @ghozaliphoto)," jelas Pieter.

Ghozali sendiri mengatakan bahwa tren NFT sudah ramai di Indonesia sejak awal pandemi COVID-19. Namuan banyak masyarakat Indonesia yang masih belum familiar dengan dunia NFT.


"Saya sangat senang dengan adanya fitur NFT di Instagram, karena fitur ini membuka akses yang lebih besar bagi kreator seperti saya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kreasi digital yang kami buat," jelas Ghozali dilansir detikINET, Jumat.

Platform Instgram dinilainya sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, Ghozali berharap agar fitur baru ini bisa membantu masyarakat lebih akrab dengan NFT.

"Semoga fitur ini bisa mengakselerasi penggunaan NFT di Indonesia, terutama dengan maraknya kehadiran Metaverse," tuturnya.

Sebelumnya, fitur NFT di Instagram ini baru tersedia terbatas di beberapa negara bagian Amerika Serikat per bulan Mei 2022 lalu. Namun Meta telah memperluas peluncuran NFT Instagram ke 100 negara pada 4 Agustus 2022 ini.

Fitur ini meliputi tiga hal. Pertama, menghubungan dompet digital yang membuat kreator serta kolektor bisa memilih NFT mana dari dompet mereka yang ingin mereka bagikan di Instagram.

Yang kedua, berbagi koleksi digital. Setelah kreator atau kolektor mengunggah koleksi digital, itu akan memiliki efek berkilau dan dapat menampilkan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.

Sedangkan yang ketiga adalah penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di pos koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

(wk/Bert)


You can share this post!

Related Posts