Kini Berani Terbuka Soal Misteri Kematian Brigadir J, Bagaimana Nasib Bharada E?
Nasional
Penembakan Brigadir J

Bharada E kini mulai berani mengungkap fakta sebenarnya dari kasus kematian Brigadir J. Lantas, bagaimana kondisi terkini Bharada E setelah mengungkap jika ada perintah soal penembakan Brigadir J?

WowKeren - Bharada E memutuskan untuk mengajukan permohonan sebagai Justice Collaborator dan meminta perlindungan ke LPSK terkait kasus kematian Brigadir J. Sebagai Justice Collaborator, Bharada E pun siap membuka misteri kematian Brigadir J secara gamblang. Bahkan, Bharada E judah mengungkap adanya dalang utama dari kematian Brigadir J.

Lantas, bagaimana kondisi terbaru Bharada E setelah pengakuan beraninya itu dan nasibnya ke depan? Untuk saat ini, Bharada E disebut dalam kondisi yang sehat dan masih ditahan di Bareskrim Polri untuk kepentingan penyidikan. Hal itu disampaikan oleh tim kuasa hukum Bharada E, Muhammad Burhanuddin.

"Iya (ditahan di Bareskrim), karena kepentingan penyidikan," ujar Burhanuddin, Senin (8/8), melansir Tribunnews.com. "Kondisi Bharada E, sehat."

Nasib Bharada E pun turut jadi perhatian Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Kompolnas itu menilai keamanan Bharada E harusnya tetap terjaga selama proses penyelidikan dan pengusutan kasus kematian Brigadir J.


Dua lembaga disebut Mahfud MD memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan memastikan keamanan Bharada E. Jika hal itu tak mampu dilakukan, Mahfud MD menyebut nama baik dari dua lembaga negara tercoreng. Dua lembaga tersebut adalah Polri dan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban).

"Kalau misalnya sampai si Bharada E tidak aman, dua lembaga negara ini akan sangat tercoreng. Satu, Polri, misalnya tidak bisa menjamin Bharada E yang posisinya seperti sekarang. Yang kedua, LPSK," ujar Mahfud MD dalam program Kompas Petang, Minggu (7/8).

Mahfud MD juga menyoroti keputusan Bharada E yang mulai terbuka mengenai cerita sebenarnya di balik kematian Brigadir J. Salah satunya dengan keputusannya untuk menjadi Justice Collaborator. Hal itu menurut Mahfud MD membuktikan bahwa Bharada E bukanlah pelaku utama atau dalam dari peristiwa kematian Brigadir J.

"Bharada E menyatakan siap menjadi justice collaborator, itu artinya dia menyadari bahwa dia bukan pelaku utama. Karena orang jadi JC itu adalah orang yang hanya membantu, bukan pelaku utamanya," pungkas Mahfud MD.

(wk/amel)

You can share this post!

Artikel Terkait