Panas! Anji dan Marcell Siahaan Ribut Perkara Royalti Untuk Musisi, Begini Kronologinya
Instagram/duniamanji
Selebriti

Anji dan Marcell Siahaan terlibat perdebatan yang membahas masalah transparasi royalti untuk para musisi. Aksi keduanya ini sontak menjadi perhatian para netter dan rekan musisi yang lain.

WowKeren - Anji dan Marcell Siahaan tampak saling serang di media sosial dengan argumennya masing-masing. Keduanya memperdebatkan masalah transparansi royalti untuk para musisi.

Hal ini bermula dari postingan Anji di media sosial pada Minggu (7/8). Dalam unggahannya itu, Anji mencurahkan keresahaannya kepada Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) tentang bagaimana LMK membagikan uangnya kepada para musisi. Anji merasa aliran dana royalti yang masuk ke LMK tidak transparan dan terdapat beberapa penyimpangan.

"Saya jawab : Tidak detail dan transparan penghitungannya. Bahkan ada uang 'parkir' dari Komposer yang tidak mengambil royaltinya (karena tidak tahu atau tidak mendaftar) sementara LMK tidak membuat pemberitaan tentang itu. Jadi sangat mungkin terjadi penyimpangan aliran uang," tulis Anji.

Panas! Anji dan Marcell Siahaan Ribut Perkara Royalti Untuk Musisi, Begini Kronologinya

Instagram

Keresahan Anji ini mendapat banyak dukungan dari rekan sesama musisi. Namun sayang, pelantun "Dia" ini justru mendapat tanggapan yang kurang mengenakkan dari Marcell Siahaan. Yang mana Marcell adalah ketua umum Prisindo, LMK yang khusus bergerak dalam pengelolaan serta pendistribusian Hak-hak Pelaku Pertunjukan (Performing Rights).


Marcell memiliki pendapat yang bertolak belakang dengan Anji. Menurutnya, orang-orang yang menggunakan karya orang lain hanya perlu membayar royalti tanpa perlu mengetahui secara detail bagaimana dana tersebut disalurkan.

Tak setuju dengan pernyataan Marcell, Anji lantas meminta sang penyanyi untuk membahas hal ini lebih mendalam bersama pihak LMK untuk tata kelola industri musik Indonesia yang lebih transparan. Anji bahkan mengaku menaruh harapan besar dengan keberadaan Marcell di LMK.

Panas! Anji dan Marcell Siahaan Ribut Perkara Royalti Untuk Musisi, Begini Kronologinya

Instagram

Perdebatan pun kian memanas. Anji nampaknya tersinggung dengan ucapan Marcell yang menyinggung soal keresahannya ini akan menjadi konten yang akan menguntungkan dirinya. "Iya, keresahan lo ini akan menjadi konten lo yang yang sangat menguntungkan, selamat ya!" tulis Marcell.

"@marcellsiahaans - Maksudnya konten apa ni Cell? Kok tendensius sekali kalimatnya?! Dengan postingan ini memangnya gue dapat keuntungan apa? Lo kan Pejabat publik, kenapa gak terima masukan seperti ini?" balas Anji.

Marcell pun akhirnya memilih untuk tak melanjutkan perdebatan ini lantaran merasa Anji menyerangnya secara personal. Sedang Anji jelas membantah tudingan tak berdasar Marcell tersebut. Ia pun menyentil Marcell sebagai pejabat publik yang enggan diberi masukan oleh masyarakat seperti dirinya.

(wk/lara)

You can share this post!

Related Posts