Antusiasme WNI di Sri Lanka Hingga Starbucks Dalam Menyambut HUT RI ke-77
Unsplash/S.Ratanak
Nasional

Semakin dekat dengan HUT RI ke-77, masyarakat Indonesia rupanya tampak sangat antusias, bahkan meski berada di luar negeri. Tak hanya itu, momen ini juga dimeriahkan pelaku bisnis seperti Starbucks.

WowKeren - Pada 17 Agustus nanti, masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau HUT RI ke 77. Meski masih berlangsung pada pekan depan, namun tampaknya masyarakat Indonesia dan kafe seperti Starbucks telah menunjukkan antusiasnya dalam menyambut HUT RI ke-77.

Meski berada di Sri Lanka, tak mengurangi semangat nasionalisme dan antusiasme Warga Negara Indonesia (WNI) dalam menyambut HUT RI ke-77. WNI yang ada di Sri Lanka diketahui mengikuti berbagai kegiatan lomba khas 17 Agustus. Hal ini bahkan disebut menjadi salah satu momen penting bagi WNI yang ada di Sri Lanka.

"Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan tersebut, masyarakat Indonesia di Sri Lanka, khususnya yang tinggal di Kolombo dan sekitarnya, antusias mengikuti lomba perayaan HUT RI ke-77 yang digelar KBRI Kolombo pada 7 Agustus 2022," ujar Minister Counsellor KBRI Kolombo Heru Prayitno di Kolombo, Sri Lanka, Selasa (9/8).

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Sri Lanka yakni Dewi Gustina Tobing menyampaikan WNI yang ada di Sri Lanka menyambut HUT RI ke-77 dengan suka cita, terlebih setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. Maka dari itu, pihaknya pun menggelar lomba khas Agustusan.

"Melalui kegiatan lomba 17 Agustus, kami terus membangun ikatan persaudaraan melalui nilai kebersamaan, kerja sama, dan solidaritas antar anggota masyarakat," terang Dewi.


Dewi kemudian mengungkapkan lomba tersebut dimeriahkan oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Perlombaan yang disajikan pun terbilang menarik mulai dari tarik tambang, balap karung, balap kelereng, makan kerupuk, mewarnai, musical chair, dart, bola voli, bulutangkis dan futsal.

Selain menggelar lomba, Dewi menuturkan WNI yang ada di Sri Lanka juga memeriahkan HUT RI dengan bernyanyi bersama menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Meski pemerintah Sri Lanka sudah memberikan pelonggaran COVID-19, namun KBRI Kolombo tetap mengimbau untuk menerapkan prokes dalam pelaksanaan lomba.

Di sisi lain, momen perayaan HUT RI ini juga dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis dalam memberikan promo-promo menarik, salah satunya adalah Starbucks. Starbucks diketahui meluncurkan merchandise dan minuman spesial Hari Kemerdekaan.

Sejak 20 tahun kehadirannya di Indonesia, Starbucks lantas menjadi salah satu kedai kopi populer di Tanah Air. Bahkan Starbucks juga tidak hanya menjual kopi dan minuman saja, mereka juga aktif dalam beberapa kegiatan, seperti perayaan kemerdekaan.

Dalam menyambut HUT RI ke-77, Starbucks Indonesia meluncurkan merchandise baru bertemakan "Beauty of Indonesia" yang terinspirasi dari kekayaan budaya Tanah Air. Dengan hadirnya merchandise ini, masyarakat diharapkan bisa lebih mencintai Indonesia.

Tidak hanya itu, merchandise tersebut rupanya juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai bentuk memperkenalkan budaya bangsa. Desain indah pada merchandise itu merupakan hasil kolaborasi dari dua ilustrator kebanggaan Indonesia yakni Naela Ali dan Hari Prasetyo.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru