Komnas HAM Batal Periksa Ferdy Sambo Hari Ini, Masih Tunggu Waktu
Nasional
Penembakan Brigadir J

Setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Brigadir J, Ferdy Sambo menghadapi sejumlah pemeriksaan, termasuk dengan Komnas HAM. Sedianya, Sambo diperiksa Komnas HAM pada Kamis (11/8) hari ini.

WowKeren - Meski Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebelumnya telah mengumumkan nama tersangka baru, namun kasus kematian Brigadir J hingga saat ini masih terus diusut. Listyo sebelumnya telah menyampaikan bahwa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penembakan Brigadir J.

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) pun sedianya akan melakukan pemeriksaan terhadap Sambo pada Kamis (11/8) pukul 14.00 WIB. Namun rencana ini rupanya batal.

"Kami dikonfirmasi oleh Pak Komjen Agung sebagai Ketua Tim Khusus, beliau mengabarkan kepada kami bahwa hari ini belum bisa Pak Ferdy Sambo untuk memberikan keterangan kepada Komnas HAM," ujar Komisioner Komnas HAM Choirul Anam kepada wartawan, Kamis (11/8).

Anam kemudian membeberkan alasan batalnya pemeriksaan terhadap Sambo. Ia mengatakan hal ini dikarenakan yang bersangkutan juga menjalani pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Khusus di waktu bersamaan.


Kendati begitu, Anam mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memastikan perubahan jadwal pemeriksaan Komnas HAM terhadap Sambo. Pasalnya, Komjen Agung mengatakan bahwa penyidik tengah melakukan proses pendalaman.

"Ketika proses pendalaman begitu, ya waktunya bergantung pendalaman apa yang mereka dapat," terang Anam. "Makanya kami tidak bertanya, kami cuma minta supaya kalau sudah, mohon kami dikabari sehingga kami bisa melakukan proses terhadap Pak Ferdy Sambo."

Meski ada pembatalan pemeriksaan terhadap Sambo pada hari ini, namun Anam mengatakan bahwa hal tersebut tidak menghambat proses penyelidikan lembaganya. Hal ini dikarenakan dari awal proses penyelidikan memang sudah dibangun sikap saling menghormati, sehingga bisa berkoordinasi dengan Tim Khusus.

Sebagai informasi, penyidik Timsus sendiri diketahui melakukan pemeriksaan perdana terhadap Sambo sebagai tersangka dalam kasus dugaan pembunuhan Brigadir J. Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan bahwa pemeriksaan ini dilakukan pada Kamis (11/8) hari ini di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Di samping itu, Timsus juga melakukan pemeriksaan terhadap tersangka lainnya yakni KM yang digelar di Gedung Bareskrim Polri. Kemudian, secara pararel pihak Irsus Polri juga telah menjadwalkan pemeriksaan pada satu orang penyidik yang bertugas di Polda Metro Jaya terkait kasus penembakan Brigadir J di Mabes Polri, hari ini.

(wk/tiar)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait