Habiskan Dana Miliaran, Jakarnaval 2022 Resmi Dibuka
Nasional

Acara Jakarta Karnaval (Jakarnaval) 2022 telah resmi di buka. Berbagai macam pihak pun turut memberikan dukungan pada acara Jakarta Karnacal 2023 tahun depan.

WowKeren - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta tak main-main dalam menggelar acara Jakarnaval 2022. Resmi dibuka Minggu (14/8) kemarin, acara yang diadakan di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta Utara, itu menelan anggaran mencapai Rp 5,4 miliar.

"Anggarannya Rp 5,4 miliar," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Andhika Permata di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (14/8).

Jakarnaval direncanakan untuk menunjukkan kekayaan intelektual nusantara dari anak-anak muda Jakarta untuk dunia. JIEC atau sirkuit Formula E dipilih sebagai lokasi venue bertujuan untuk mengaktivasi lagi kegiatan pariwisata yang berbasis budaya.

"Bagaimana karnaval ini ada di sebuah arena yang berstandar internasional, kemudian nanti bagaimana kami menghadirkan satu kekayaan intelektual nusantara yang dikerjakan oleh anak-anak muda Jakarta yang dipersembahkan untuk dunia," ungkap Andhika, melanisr Detik.com.

"Kami perlu mengaktivasi berbagai macam venue yang ada di Jakarta dengan event tourism based atau culture based," sambungnya.


Dinparekraf Jakarta berkolaborasi dengan barbagai pihak dalam menyelanggarakan acara Jakarnacal 2022. Namun sayangnya Andhika enggan memberikan bocoran mengenai sponsor swasta yang ikut memberikan dukungan pada event Jakarnaval 2022 ini.

”Jadi kita tentunya berkolaborasi dengan Ancol Taman Impian untuk venue kemudian juga disupport Jakarta Propertindo untuk lintasan sirkuit yang memang juga secara aminitas dan equipment sudah berstandar internasional,” ucapnya, melansir Metros Sindo.com.

Namun rupanya da kejadian tak diinginkan dalam acara peresmian Jakarnaval Minggu (14/8) malam. Peristiwa kebakaran menghanguskan 1 mobil yang akan dipakai untuk parade. Namun untuknya pihak berwenang bertindak cepat untuk mengarasi kebakaran tersebut hingga tak ada korban jiwa.

”Semua treatment, standard operating procedure (SOP), sebuah penyelenggaraan event sudah kami lakukan. Dalam hal ini Gulkarmat dan BPBD langsung bertindak seperti itu (memadamkan) dan alhamdulillah sudah terkendali,” terang Andhika.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria juga ikut memberikan tanggapan mengenai insiden kebakaran kecil saat momen Jakarnaval 2022 berlangsung. Meski begitu, Riza tetap tenang dan menyebut kebakaran itu hanya insiden kecil.

”Itu kebakaran sedikit saja, ada insiden sedikit, tidak masalah,” pungkas A. Riza, Senin (15/8).

(wk/amel)

You can share this post!

Related Posts